Efektifitas teknik permainan simulasi untuk meningkatkan kerjasama siswa SMP Laboratorium UM / Rizka Amalia

Amalia, Rizka (2014) Efektifitas teknik permainan simulasi untuk meningkatkan kerjasama siswa SMP Laboratorium UM / Rizka Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amalia, Rizka. 2014. Efektivitas Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa SMP Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Elia Flurentin, M. Pd. dan (II) Drs. Widada, M. Si. Kata kunci: Permainan simulasi, kerjasama, siswa SMP     Dalam rentang kehidupan manusia, masa remaja merupakan masa dimana seorang individu memasuki satu bentuk hubungan antar pribadi dengan orang lain. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya. Siswa dalam mengembangkan kemampuan sosial cenderung bergabung dengan kelompok dan banyak berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas kelompok di sekolah. Permainan simulasi merupakan teknik bimbingan kelompok yang dapat digunakan untuk memberikan layanan bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam mencapai tingkat kematangan sosial yang optimal. Siswa yang memiliki kecakapan kerjasama yang baik cenderung lebih mudah bergaul, diterima anggota kelompok sebayanya.     Berdasarkan pengamatan di sekolah, dilakukan penelitian untuk meningkatkan kerjasama siswa SMP dengan menggunakan teknik bimbingan kelompok berupa permainan simulasi ular tangga. Permainan ini mensimulasikan situasi-simulasi di mana siswa bekerjasama dalam kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik permainan simulasi berupa beberan simulasi ular tangga untuk meningkatkan kerjasama siswa SMP.     Penelitian ini menggunakan rancangan Eksperimen Semu dengan desain one group pretest-postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dengan variabel bebas yaitu teknik permainan simulasi dan variabel terikat yaitu kerjasama. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman eksperimen permainan simulasi ular tangga dan kuesioner skala keterampilan kerjasama. Setelah dilakukan pretest, diperoleh 36 orang siswa yang akan diberi treatment. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan menggunakan SPSS versi 16.00.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kerjasama antara sebelum dan sesudah treatment. Aspek dari kerjasama yaitu 1) aspek ketergantungan positif, 2) memiliki tanggung jawab pribadi, 3) interaksi yang mendorong, 4) keterampilan sosial, 5) proses sosial. Dari penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan simulasi ular tangga untuk meningkatkan kerjasama siswa SMP dengan adanya perbedaan antara skor pretest dan posttest pada hasil uji paired sample t-test mengalami peningkatan dari pada sebelum diberikan treatment.     Dalam layanan di sekolah, konselor diharapkan dapat menggunakan teknik permainan simulasi ular tangga sebagai media layanan bimbingan kelompok sesuai dengan prosedur untuk meningkatkan kerjasama. Penelitian selanjutnya dalam menguji efektivitas teknik permainan simulasi ular tangga, disarankan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk membandingkan perbedaan hasilnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item