Pengembangan media video pembelajaran pecahan sederhana pelajaran matematika kelas III Tunarungu di SDLBN Kedungkandang 04 Malang / Devinta Ayuda Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran pecahan sederhana pelajaran matematika kelas III Tunarungu di SDLBN Kedungkandang 04 Malang / Devinta Ayuda Amalia

Amalia, Devinta Ayunda (2011) Pengembangan media video pembelajaran pecahan sederhana pelajaran matematika kelas III Tunarungu di SDLBN Kedungkandang 04 Malang / Devinta Ayuda Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci video pembelajaran pecahan sederhana matematika kelas III SDLBtunarungu Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah luar biasa adalah media video. Dalam pembelajaran matematika tentang pecahan sederhana di SDLB Kedungkandang 04 Malang guru hanya menyampaikan dengan buku teks dan isyarat tubuh saja sehingga siswa mengalami kesulitan memahami pesan yang terlalu verbalistik dan abstrak terutama bagi anak tunarungu. Untuk itu pengembang mempunyai terobosan baru dalam pembelajaran menggunakan video pembelajaran yaitu dengan mengembangkan Media Video Pembelajaran Pecahan Sederhana Pelajaran Matematika Kelas III SDLB Tunarungu sehingga diharapkan dapat meningkatkan ke efektifan proses pembelajaran di kelas. Tujuan pengembangan media video pembelajaran adalah untuk menyajikan materi dan memberikan gambaran yang jelas tentang pecahan sederhana secara langsung terhadap audiens dan dapat membantu proses pembelajaran. Langkah-langkah dalam mengembangkan video pembelajaran di antaranya (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) perumusan tujuan instruksional (instructional objective) dengan operasional dan khas (3) pengembangan materi pembelajaran (4) pengembangan alat pengukur keberhasilan(evaluasi) (5) penyusunan naskah (6) penyusunan petunjuk pemanfaatan (7) produksi (8) validasi (9) revisi dan penyempurnaan. Dari hasil validasi dalam bentuk angket oleh 2 ahli media 1 ahli materi dan juga audiens didapat hasil penilaian ahli media sebesar 86 % (valid) ahli materi 91% (valid) dan audiens 88 33% (valid) dan nilai peserta didik secara keseluruhan dinyatakan Tuntas ( Standart Kompetensi Minimal) sehingga media video pembelajaran dinyatakan Valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Saran yang diajukan sebagai berikut (1) bagi guru Matematika agar media pembelajaran dengan menggunakan media video ini bisa diterapkan dalam pembelajaran Matematika pada pokok bahasan Pecahan Sederhana sehari - hari untuk memberikan variasi belajar pada siswa/i SDLB tunarungu (2) bagi Siswa diusahakan mempelajari secara terstruktur dan sesuai dengan urutan materi yang disampaikan (3) pengembang berikutnya agar lebih memperhatikan karakteristik siswa yang di bidik untuk dapat memberikan media yang tepat dan ilustrasi yang tepat juga digunakan dalam video pembelajaran yang akan dibuat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item