Teori fluida statis dan dinamis serta aplikasinya dalam kehidupan / Arianto Buton - Repositori Universitas Negeri Malang

Teori fluida statis dan dinamis serta aplikasinya dalam kehidupan / Arianto Buton

Buton, Arianto (2010) Teori fluida statis dan dinamis serta aplikasinya dalam kehidupan / Arianto Buton. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Fluida Tekanan Massa Jenis Tegangan Permukaan Kapilaritas Kekentalan Hukum Bernoulli Hukum Pascal Hukum Archimedes Fluida atau Zat alir adalah zat yang mengalirkan seluruh bagian-bagiannya ke tempat lain dalam waktu yang bersamaan.Wujud zat secara umum dibedakan menjadi tiga yaitu zat padat cair dan gas. Berdasarkan bentuk dan ukurannya zat padat mempunyai bentuk dan volume tetap zat cair memiliki volume tetap akan tetapi bentuknya berubah sesuai dengan wadahnya sedangkan gas tidak memiliki bentuk maupun volume yang tetap. Karena zat cair dan gas tidak mempertahankan bentuk yang tetap sehingga keduanya memiliki kemampuan untuk mengalir. Zat yang dapat mengalir dan memberikan sedikit hambatan terhadap perubahan bentuk ketika ditekan disebut Fluida disebut juga zat alir yaitu Zat alir adalah zat yang mengalirkan seluruh bagian-bagiannya ke tempat lain dalam waktu yang bersamaan. Berdasarkan pergerakannya fluida ada dua macam yaitu fluida dinamis dan fluida statis. Hukum Pascal untuk menaikkan elevasi muka air merupakan alat yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan prinsip kerja dari Hukum Pascal.Dapat bermanfaat untuk pendidikan dan masyarakat diharapkan bermanfaat bagi para pembaca serta dapat membuka wawasan mengenai aspek-aspek hidroulik. Berdasarkan hukum pascal ini diperoleh prinsip bahwa dengan gaya yang kecil dapat menghasilkan suatu gaya yang lebih besar. Pesawat terbang dapat terangkat ke udara karena kelajuan udara yang melalui sayap pesawat dan pesawat terbang tidak seperti roket yang terangkat ke atas karena aksi-reaksi antara gas yang disemburkan roket itu sendiri.Roket menyemburkan gas ke belakang dan sebagai reaksinya gas mendorong roket maju.Jadi roket dapat terangkat ke atas walaupun tidak ada udara tetapi pesawat terbang tidak dapat terangkat jika tidak ada udara.Penampang sayap pesawat terbang mempunyai bagian belakang yang lebih tajam dan sisi bagian atas yang lebih melengkung daripada sisi bagian bawahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item