Pemaparan fisika pokok bahasan listrik statis dengan bantuan aplikasi Swishmax / Patilongan Suat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemaparan fisika pokok bahasan listrik statis dengan bantuan aplikasi Swishmax / Patilongan Suat

Suat, Patilongan (2010) Pemaparan fisika pokok bahasan listrik statis dengan bantuan aplikasi Swishmax / Patilongan Suat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suat Patilongan. 2010. Pemaparan Fisika Pokok Bahasan Listrik Statis dengan Bantuan Aplikasi Swishmax. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Asim. M. Pd. Kata Kunci listrik statis swishmax Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir atau listrik yang muatan-muatan listriknya berada dalam keadaan diam. Listrik statis merupakan bentuk listrik yang dihasilkan bila beberapa benda digosokkan satu sama lain. Sebuah benda netral dapat bermuatan listrik statis dengan jalan digosokkan. Contoh lainnya yaitu ketika batang plastik digosok dengan kain wol elektron-elektron dari kain wol berpindah ke batang plastik sehingga batang plastik kelebihan elektron. Dengan demikian batang plastik menjadi bermuatan negatif. Sebaliknya ketika batang kaca digosok dengan kain sutera maka elektron - elektron dari batang kaca berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca kekurangan elektron. Dengan demikian batang kaca menjadi bermuatan positif. Dalam kehidupan terdapat aplikasi dan gejala yang sering kali dijumpai yang erat hubungannya dengan listrik statis. Seperti ilmu lainnya Listrik statis juga mempunyai kegunaan dan dapat pula membahayakan manusia. Contohnya seperti percikan api adalah gejala listrik yang membahayakan manusia sedangkan salah satu kegunaan listrik statis adalah mesin fotokopi. SwishMax merupakan pengembangan dari Program Swish v.2 yang kini telah memiliki 230 bulit-in efek seperti efek Explode Vortex 3D Spin Snake dan banyak lainnya. Seperti halnya Swish SwishMax juga memilki alat bantu untuk membuat garis kotak elips kurva bazier gerak animasi sprite tombol roll over dan lainnya. Format dasar SwishMax adalah swi file namun dapat juga diekspor kedalam file flash (swf) movie (avi) ataupun execute(exe) program yang dapat dijalankan berdiri sendiri. Sehingga animasi Swishmax dapat diletakkan langsung di web atapun diikutkan dalam presentasi Microsoft Powerpoint dan Microsoft Word. Saran yang dapat disampaikan adalah agar pembelajaran dengan menggunakan komputer dapat juga diterapkan pada bidang studi ataupun materi lainnya yang terdapat dalam fisika ataupun ilmu pengetahuan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item