Rokhim, Galang Yosa Nur (2018) Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap prestasi belajar bab elastisitas pada siswa kelas X MM SMK-Al-Huda Kediri / Galang Yosa Nur Rokhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Rokhim Galang Yosa Nur. 2016. Pengaruh Model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Prestasi Belajar Bab Elastisitas Pada Siswa Kelas X MM SMK Al-Huda Kediri. Skripsi JurusanFisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dwi Haryoto Drs. M.Pd. (II) Sujito S.Pd. M.Si. Kata Kunci model pembelajaran STAD prestasi belajar Pelaksanaan pembelajaran masih mengalami masalah yaitu pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa cenderung bersikap pasif selama proses pembelajaran sehingga prestasi belajar yang didapat kurang maksimal. Hal tersebut disebabkan model pembelajaran yang kurang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. STAD adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Model Pembelajaran STAD terdiri dari 5 tahap yaitu presentasi kelas oleh guru kerja tim kuis pensekoran dan penghargaan. Tahap presentasi kelas membantu siswa memahami materi pelajaran dan pemahaman siswa diperkuat saat kerja tim. Adanya kuis dan penghargaan di akhir pembelajaran membuat siswa antusias melakukan kegiatan belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar fisika siswa pada bab elastisitas. Penelitian ini merupakan penilitian quasy-experimental dengan desain penelitian yaitu Postest Only. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X Al-Huda Kediri sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas dengan teknik quota sampling yaitu 25 siswa kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa X MM 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal post-test fisika materi elastisitas. Data prestasi belajar diperoleh dari nilai post-test fisika pada akhir pembelajaran materi elastisitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian ini adalah uji-tukey. Sebelum dilakukan uji tukey dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas data prestasi belajar fisika siswa. Hasil uji uji tukey menunjukkan bahwa Qhitung Qtabel 4 43 2 92. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima yaitu prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang diajar secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20947 |
Actions (login required)
View Item |