Sintesis dan karakterisasi nanokomposit Fe3O4/AC/PANI sebagai radar absorbing material / Rita Sutiami - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi nanokomposit Fe3O4/AC/PANI sebagai radar absorbing material / Rita Sutiami

Sutiami, Rita (2018) Sintesis dan karakterisasi nanokomposit Fe3O4/AC/PANI sebagai radar absorbing material / Rita Sutiami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sutiami Rita. 2018. Sintesis dan Karakterisasi Nanokomposit Fe3O4/AC/PANI sebagai Radar Absorbing Material. Skripsi Progam Studi Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ahmad Taufiq S.Pd M. Si. (2) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata Kunci Nanokomposit Fe3O4/AC/PANI RAM pasir besi. Pada penelitian ini dikembangkan partikel nano magnetik Fe3O4 yang dikompositkan dengan activated carbon (AC) dan polyaniline (PANI). Serbuk nanokomposit Fe3O4/AC/PANI dikarakterisasi menggunakan XRD untuk mengetahui fase kristal serta distribusi ukuran partikel. Karakterisasi FTIR digunakan untuk mengetahui gugus fungsinya dan untuk mengetahui struktrur morfologi dari sampel dilakukan karakterisasi SEM. Karakterisasi UV-Vis Spectometry dilakukan untuk mengetahui nilai absorbsi dan energi gap dari sampel. Sementara karakterisasi VNA dilakukan untuk mengetahui Reflection Loss maksimum dan nilai daya serap terhadap gelombang elektromagnetik dari nanokomposit Fe3O4/AC/PANI. Mengacu pada hasil penelitian nanokomposit Fe3O4/AC/PANI telah berhasil disintesis. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan fase yang muncul adalah Fe3O4 ditandai dengan adanya puncak tertinggi dari ketiga nanokomposit berada di 35 62 dan diketahui pula distribusi ukuran partikel dari masing-masing sampel sampel sebesar 11 92 14 11 dan 18 25 nm. Hasil karakterisasi nanokomposit Fe3O4/AC/PANI menggunakan FTIR menunjukkan gugus fungsi sepuluh komponen utama yang berhasil muncul. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan struktur morfologi nanokomposit Fe3O4/AC/PANI memiliki ukuran yang berkisar antara 10-20 nm dan terdapat aglomerasi. Hasil karakterisasi UV-Vis menunjukkan bahwa energi gap semakin meningkat seiring dengan penambahan massa AC pada sampel. Berdasarkan hasil uji VNA nanokomposit Fe3O4/AC/PANI (dengan massa AC 0 5 gram) memiliki reflection loss maksimum sebesar -14 2 dB dan nilai daya serap terhadap gelombang mikro sebesar 78 75 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20946

Actions (login required)

View Item View Item