Identifikasi Intrusi Air Laut ke Dalam Akuifer Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner di Pantai Goa Cina Malang / Choirul Dewi Fransiska

Fransiska, Choirul Dewi (2018) Identifikasi Intrusi Air Laut ke Dalam Akuifer Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner di Pantai Goa Cina Malang / Choirul Dewi Fransiska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fransiska, Dewi C. 2018. Identifikasi Intrusi Air Laut ke Dalam Akuifer Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis Konfigurasi Wenner di Pantai Goa Cina Malang. Skripsi, Program Studi Fisika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Daeng Achmad Suaidi, S.Si, M.Kom., (2) Dr. Hari Wisodo, M.Si. Kata Kunci : resistivity, intrusi air laut, res2dinv, akuifer air tanah Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sebaran air tanah yang terintrusi air laut dan air tanah yang tidak terintrusi air laut berdasarkan nilai resistivitas. Dalam penelitian ini ada 3 tahapan antara lain pra-observasi, observsi, dan pasca-observasi. Dalam tahap pra-observasi mencangkup studi literatur mengenai daerah penelitian di Pantai Goa Cina Malang, mengidentifikasi masalah, survey awal ke daerah penelitian untuk menentukan lintasan-lintasan penelitiannya. Kegiatan yang dilakukan pada tahap observasi yaitu pengambilan data menggunakan alat geolistrik tahanan jenis konfigurasi Wenner untuk mengukur nilai beda potensial dan arus listrik serta nilai resistivitas bawah permukaan tanah. Sedangkan tahap terakhir (tahap pasca-observasi) yaitu mengolah data penelitian dengan menggunakan software Res2Dinv. Setelah pengolahan data pada Software Res2Dinv selesai dan menghasilkan citra dua dimensi kemudian melakukan analisis pendugaan adanya daerah yang terintrusi air laut dan tidak terintrusi air laut berdasarkan hasil citra dua dimensi tersebut yang dilihat dari nilai resistivitas tiap yang dihubungkan dengan data singkapan pada sumur air asin dan sumur air tanah dan juga nilai resistivitas berdasarkan Tabel Telford. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sebaran intrusi air laut (air asin) terletak di sebelah timur garis pembatas (bukit) berdasarkan dari hasil penelitian pada lintasan 1 dimana terdapat adanya air tanah yang terintrusi air laut (air asin) selain itu letak dari sumur air asin itu sendiri berada di bagian timur bukit. Sebaran air tanah terletak di sebelah barat garis pembatas (bukit) berdasarkan hasil penelitian pada lintasan 2 dan lintasan 3 terdapat adanya air tanah yang tidak terintrusi air laut dan juga letak sumur air tanah terdapat pada bagian barat bukit. Daerah ini juga terdapat intrusi air laut tetapi pada kedalaman >13,00 meter dari permukaan tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item