Visualisasi Real Time Perubahan Sudut Pitch dan Sudut Roll Berbasis Sensor Accelerometer IMU Menggunakan Microcontroller ATMEGA328P / Gigih Resta Budyawan

Budyawan, Gigih Resta (2018) Visualisasi Real Time Perubahan Sudut Pitch dan Sudut Roll Berbasis Sensor Accelerometer IMU Menggunakan Microcontroller ATMEGA328P / Gigih Resta Budyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

dapat dioperasikan dengan pengendalian jarak jauh dan autonomous. Pada kenyataannya sistem navigasi masih dapat dikembangkan lagi berdasarkan penelitian terdahulu seperti halnya pada sistem navigasi autonomous. Saat ini, Micro Electro Mechanical System (MEMS) memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi sistem navigasi. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu untuk dikembangkan teknologi navigasi berbasis sensor inersia. Dalam penelitian ini ialah tentang monitoring posisi menggunakan sensor akselerometer Inertial Measurement Unit (IMU) secara real time. Seluruh komponen penyusun sensor telah diuji dan diintegrasi dalam satu rangkaian sederhana bersama dengan Microcontroller ATMEGA328P sebagai pengolah data (sudut pitch dan sudut roll). Hasil pengukuran divisualisasikan pada komputer melalui komunikasi serial. Berdasarkan pengukuran dan analisis data, diperoleh hasil bahwa data sudut pitch bernilai positif jika diputar ke kanan dan akan bernilai negatif ketika diputar dengan arah sebaliknya. Sudut roll bernilai positif ketika diputar ke depan dan bernilai negatif jika diputar ke arah sebaliknya. Ketika alat diputar terhadap sumbu x, nilai sudut pitch berubah dan nilai sudut roll tidak berubah atau cenderung konstan. Sebaliknya ketika alat diputar terhadap sumbu y, nilai sudut roll berubah dan nilai sudut pitch tidak berubah atau cenderung konstan. Kesimpulan secara keseluruhan dapat dibuktikan bahwa ÔÇ£ Visualisasi Real Time Perubahan Sudut Pitch dan Sudut Roll berbasis Sensor Accelerometer IMU menggunakan Microcontroller ATMEGA328PÔÇØ dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20928

Actions (login required)

View Item View Item