Sintesis, karakterisasi nanostruktur dan sifat magnet serat nano Fe3O4 berbasis pasir besi / Maqfiratun Ainun Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis, karakterisasi nanostruktur dan sifat magnet serat nano Fe3O4 berbasis pasir besi / Maqfiratun Ainun Jannah

Jannah, Maqfiratun Ainun (2018) Sintesis, karakterisasi nanostruktur dan sifat magnet serat nano Fe3O4 berbasis pasir besi / Maqfiratun Ainun Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ainun Jannah Maqfiratun. 2018. Sintesis Karakterisasi Nanostruktur dan Sifat Magnet Serat Nano Fe3O4 Berbasis Pasir Besi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Taufiq S.Pd M.Si. (II) Drs. Abdulloh Fuad M.Si. Kata Kunci Fe3O4 serat nano PVA nanopartikel pasir besi. Partikel nano magnetit (Fe3O4) menjadi material yang intensifdikembangkan karena aplikasinya dalam berbagai bidang. Salah satu bidang nanoteknologi yang sedang banyak dikembangkan adalah pembuatan serat nanoFe3O4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nanostruktur dan sifat magnet Fe3O4 yang dikompositkan ke dalam PVA dengan variasi massa Fe3O4. Hasil analisis data XRD menunjukkan bahwa puncak-puncak difraksiyang muncul mengindikasikan puncak difraksi dari dari partikel Fe3O4. Dari hasilanalisisfittingdiperolehukuran butir rata-rata partikel nanoFe3O4sekitar 18 nm. Sementara hasil karakterisasiSEM/EDAX menunjukkan bentuk morfologi serat dari Fe3O4/PVA dengan ukuran serat sekitar 300 nm.Hasil ujiFTIR menunjukkan bahwa sampel menandakan konfigurasi gugus fungsi dari Fe3O4/PVA.Lebihlanjut karakterisasiVSM menunjukkanbahwa serat nano Fe3O4/PVA memiliki sifat ferrimagnetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20926

Actions (login required)

View Item View Item