Sintesis dan karakterisasi ferrofluida Fe3-xCrxO4 untuk aplikasi sensor tegangan AC / Novi AturrofiÔÇÖah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi ferrofluida Fe3-xCrxO4 untuk aplikasi sensor tegangan AC / Novi AturrofiÔÇÖah

AturrofiÔÇÖah, Novi (2018) Sintesis dan karakterisasi ferrofluida Fe3-xCrxO4 untuk aplikasi sensor tegangan AC / Novi AturrofiÔÇÖah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rofi ah Noviatur 2018. Sintesis dan Karakterisasi Ferrofluida Fe3-xCrxO4untuk Aplikasi Sensor Tegangan AC. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ahmad Taufiq S.Pd. M.Si. (II) Nandang Mufti S.Si. M.T. Ph.D. Kata Kunci Ferrofluida Fe3-xCrxO4 sensor tegangan AC Penelitian ini dilakukan dalam rangka mempelajari nanostruktur morfologi dan sifat optik yang dimiliki nanopartikel Fe3-xCrxO4 serta aplikasinyasebagai sensor tegangan AC. Sintesis nanopartikel Fe3-xCrxO4 dilakukan dengan menggunakan metode sonokimia. Analisis data hasil XRD mengidentifikasikan bahwa tidak adanya perubahan fase Fe3O4 seiring dengan adanya pendopingan Cr. Ukuran kristal yang diperoleh untuk sampel dengan doping x 0 x 0 0125 dan x 0 0250 secara berturut-turut yaitu 11 5 nm 8 07 nm dan 6 25 nm. Pada proses pendopingan ini tidak terjadi perubahan fase dan sruktur dari nanopartikel Fe3O4. Dari hasil analisis gugus fungsi FTIR sampel nanopartikel Fe3-xCrxO4 dapat diketahui bahwa terdapat gugus fungsi ikatan Fe-O dan Cr-O. Berdasarkan hasil analisis uji SEM dapat diketahui bahwa nanopartikel Fe3-xCrxO4 memiliki bentuk speris dengan distribusi ukuran partikel berada pada kisaran 19 23 nm. Analisis optik dilakukan untuk mengatahui nilai band gap yang dimiliki sampel nanopartikel Fe3-xCrxO4 dimana nilai band gap yang dimiliki sampel berada pada rentang 2 229-2 238 eV. Hasil data uji sensor menunjukkan bahwa sampel Fe3-xCrxO4 memiliki kepekaan terhadap perubahan tegangan AC. Semakin tinggi tegangan AC yang diterapkan transmisi optiknya juga semakin besar sehingga intensitas cahaya laser yang lolos juga semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20925

Actions (login required)

View Item View Item