Pengaruh partikel nano Ag pada elektroda counter komposit PANI ÔÇôAg/FTO-Glass dengan quercetin/b-katoten sebagai fotosensitizer alami terhadap efisiensi DSSC / Siti Wihdatul Himmah

Himmah, Siti Wihdatul (2018) Pengaruh partikel nano Ag pada elektroda counter komposit PANI ÔÇôAg/FTO-Glass dengan quercetin/b-katoten sebagai fotosensitizer alami terhadap efisiensi DSSC / Siti Wihdatul Himmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Siti Wihdatul Himmah. Pengaruh Partikel Nano Ag Pada Elektroda Counter Komposit PANI-Ag/FTO-Glass dengan Quercetin/β-Karoten sebagai Fotosensitizer Alami Terhadap Efisiensi DSSC. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Markus Diantoro, M.Si, (II) Dra. Hartatiek, M.Si. Kata Kunci: Komposit PANI-Ag, Fotosensitizer, Efisiensi, DSSC. Saat ini, sel surya menjadi salah satu energi terbarukan yang menjanjikan untuk menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan. Sel surya adalah perangkat fotonik yang mengubah foton dengan panjang gelombang tertentu menjadi energi listrik. Dye Sensitized Solar Cells (DSSC) merupakan salah satu teknologi sel surya yang banyak dikembangkan karena memiliki keunggulan dalam fabrikasinya yang sederhana, biaya murah, dan tidak memiliki gas buang. Setiap komponen pada DSSC perlu dilakukan optimasi agar dapat menghasilkan efisiensi konversi yang tinggi. Elektroda counter merupakan komponen yang paling penting pada DSSC. Umumnya, film Pt digunakan sebagai elektroda counter pada DSSC. Namun, film Pt memiliki harga yang relatif mahal, sehingga dibutuhkan alternatif lain pengganti Pt. Polimer konduktif PANI telah berhasil digunakan sebagai elektroda counter pada DSSC. Penambahan dopan seperti CSA ke dalam PANI mampu meningkatkan nilai konduktivitas listrik. Selain itu, komposit PANI-Ag juga telah tebukti meningkatkan konduktivitas listrik dan luas permukaan. Diharapkan penggunaan nanokomposit PANI-Ag sebagai elektroda counter dapat meningkatkan efisiensi DSSC. Dalam penelitian ini, Nano Ag disintesis melalui reduksi kimia, sedangkan PANI ES disintesis melalui polimerisasi kimia. Nanokomposit PANI-Ag disiapkan dengan menghaluskan PANI ES (0,4 g), camphorsulfonic acid (CSA) (0,05 g), dan nano Ag (0; 0,01; 0,03; 0,05; dan 0,07 g) menggunakan mortar. Proses selanjutnya, komposit PANI-Ag dilarutkan ke dalam m-cressol dan N,N-Dimethylformamide (DMF) untuk membentuk pasta. Pasta PANI-Ag dilapiskan pada substrat FTO (1 x 1,5 cm2) dengan luas daerah aktif sebesar 0,5 x 0,5 cm2 dengan menggunakan metode screen printing. Lapisan PANI-Ag/FTO-Glass dipanaskan pada suhu 50 ᵒC selama 10 menit. Komponen fotoanoda menggunakan film TiO2 yang direndam ke dalam larutan dye yang mengandung quercetin/β-karoten, kemudian ditetesi larutan elektrolit KI. Karakterisasi dilakukan dengan menggunakan FTIR, XRD, SEM, dan I-V meter. Berdasarkan hasil analisis FTIR dan SEM-EDAX menunjukkan bahwa komposit PANI-Ag/FTO-Glass telah berhasil disintesis. Komposit PANI-Ag/FTO-Glass memiliki struktur non-kristalin. Penambahan massa Ag pada komposit PANI-Ag/FTO-Glass menurunkan ukuran butir PANI, morfologi berpori, dan membentuk aglomerasi. Absorbansi komposit PANI-Ag/FTO-Glass berada pada rentang cahaya tampak dengan pita energi mencapai 3,47 eV. Sistem DSSC berbasis komposit PANI-Ag/FTO-Glass sebagai komponen elektroda counter menghasilkan efisiensi mencapai 0,255%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item View Item