Pengaruh WAFLE: Web-based Assessment for Learning menggunakan aplikasi go formative terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMAN 2 Malang / Izzah Zahrona - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh WAFLE: Web-based Assessment for Learning menggunakan aplikasi go formative terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMAN 2 Malang / Izzah Zahrona

Zahrona, Izzah (2018) Pengaruh WAFLE: Web-based Assessment for Learning menggunakan aplikasi go formative terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMAN 2 Malang / Izzah Zahrona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Zahrona Izzah. 2018. Pengaruh WAFLE Web-Based Assessment For Learning Menggunakan Aplikasi Go Formative Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMAN 2 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisik Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sujito S.Pd M.Si (2) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci Assessment for Learning Go Formative Penguasaan Konsep. Assessment formatif atau assessment for learning berperan sangat penting dalam pembelajaran fisika. Dengan adanya assessment for learning siswa akan mendapatkan feedback dari guru tentang perkembangan belajarnya (penguasaan konsep). Assessment for learning juga berperan penting bagi guru sebagai monitor perkembangan hasil belajar (penguasaan konsep) siswa. Namun pada kenyataannya assessment for learning sangatlah sulit untuk diterapkan sehingga sering kali guru mengabaikan assessment for learning. Beberapa penilitian yang mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhinya adalah waktu pemberian feedback yang memerlukan waktu yang lama. WAFLE Web-Based Assessment For Learning menggunakan aplikasi Go Formative sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pembelajaran siklus 5E (learning cycle) berbantuan WAFLE web-based assessment for learning menggunakan aplikasi go formative untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika SMAN 2 Malang. Rancangan penelitian ini eksperimen semu (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas X IPA1 terdiri atas 33 siswa dan 34 siswa kelas X IPA 2. Pemilihan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Pembelajaran yang dilakukan yaitu menggunakan model pembelajaran dengan siklus 5E (Learning Cycle). Langkah-langkah pembelajaran dengan siklus 5E (Learning Cycle) adalah persiapan (engagement) eksplorasi (exploration) penjelasan (explanation) elaborasi (elaboration) evaluasi (evaluation). Hasil penelitian nilai posttest pada kelas ekpeerimen diperoleh thitung 7 155 1 669 (ttabel) dan rerata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik daripada rerata kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan penguasaan konsep fisika siswa yang menggunakan assessment for learning berbasis web dengan siswa yang menggunakan assessment for learning berbasis konvensional atau paper test. Hal ini terjadi karena assessment for learning berbasis web memberikan feedback yang cepat dan tepat sehingga berdampak positif terhadap penguasaan konsep fisika yang diamati selama pembelajaran berlangsung. Sehingga menjadikan siswa lebih giat dan memperbaiki segera kesalahan dari pemahaman suatu konsep fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20912

Actions (login required)

View Item View Item