Pengaruh model pembelajaran REACT berbasis laboratorium riil atau virtuil terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA pada materi usaha dan energi / Atik Masrukhah

Masrukhah, Atik (2018) Pengaruh model pembelajaran REACT berbasis laboratorium riil atau virtuil terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA pada materi usaha dan energi / Atik Masrukhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Masrukhah, Atik. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran REACT Berbasis Laboratorium Riil Atau Virtuil Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA pada Meteri Usaha Dan Energi. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) H. Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D., (II) Drs. H. Winarto, M.Pd. Kata kunci: REACT, prestasi belajar, laboratorium riil atau virtual Rendahnya prestasi belajar siswa perlu diupayakan pemecahannya, sehingga dapat menunjukan pentingnya untuk membuat siswa tertarik dan senang belajar fisika, sehingga diharapkan hasil belajar fisika siswa semakin meningkat. Upaya yang diduga dapat memperbaiki prestasi belajar fisika siswa yaitu pembelajaran dengan Model Pembelajaran REACT berbasis laboratorium rill atau virtual yang merupakan perpaduan antara model pembelajaran REACT dengan metode eksperimen atau laboratorium. REACT merupakan strategi pembelajaran aktif yang pada dasarnya bertolak dari pemahaman pembelajaran kontekstual dan konstruktif yang menekankan pada kebermaknaan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran REACT berbasis laboratorium rill atau virtual. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Desaign. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran REACT berbasis laboratorium riil atau virtual, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar Fisika siswa SMA. Sampel penelitian ini hanya akan menggunakan dua kelas yaitu X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis uji hipotesis kemampuan akhir siswa menunjukkan bahwa nilai thit > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpilkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran REACT berbasis laboratorium riil dan laboratorium virtual lebih tinggi dari prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20911

Actions (login required)

View Item View Item