Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan impuls momentum dantumbukan siswa kelas X IPA SMA Laboratorium UM / Faizah Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan impuls momentum dantumbukan siswa kelas X IPA SMA Laboratorium UM / Faizah Rachmawati

Rachmawati, Faizah (2018) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan impuls momentum dantumbukan siswa kelas X IPA SMA Laboratorium UM / Faizah Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wati Faizah Rachma. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Pada Pokok Bahasan Impuls Momentum dan Tumbukan Siswa Kelas X IPA SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. (I) Drs. Dwi Haryoto M Pd (II) Drs. Agus Sayudi M.Pd. Kata Kunci guided inquiry mind mapping prestasi belajar Prestasi belajar fisika saat ini masih tergolong rendah hal tersebut hal tersebut salah satunya dikarenakan metode pembelajaran yang lebih banyak digunakan adalah metode ceramah tanya jawab penugasan dan tidak melakukan demonstrasi praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan Momentum Impuls dan Tumbukan siswa kelas X IPA SMA laboratorium UM. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang dipilih adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan pertimbangan adanya tes kemampuan awal sama. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran yaitu guided inquary berbantuan mind mapping pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol variabel terikat yaitu prestasi belajar fisika siswa. Kedua kelas akan diberikan soal post test setelah mendapat perlakuan berbeda terhadap model pembelajaran. Selanjutnya hasil postest kedua kelas akan di uji t untuk membandingkan tinggi rendahnya hasil postest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum dilakukan uji t data harus normal dan homogen yang dapat dilihat dari uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa prestasi belajar fisika siswa kelas X yang belajar dengan model Guided Inquiry berbantuan teknik Mind Maping lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model konvensional hal tersebut dapat diketahui bahwa thitung 4 789 1 667 (ttabel) dengan taraf signifikansi 0 05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan teknik Mind Mapping berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi momentum impuls dan tumbukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20909

Actions (login required)

View Item View Item