Pengaruh model pembelajaran inkuiri melalui percobaan Rill-virtual terhadap peningkatan literasi sains dan metakognitif siswa kelas X MIPA SMAN 1 Dampit materi momentum impuls dan tumbukan / Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri melalui percobaan Rill-virtual terhadap peningkatan literasi sains dan metakognitif siswa kelas X MIPA SMAN 1 Dampit materi momentum impuls dan tumbukan / Nilasari

Nilasari (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri melalui percobaan Rill-virtual terhadap peningkatan literasi sains dan metakognitif siswa kelas X MIPA SMAN 1 Dampit materi momentum impuls dan tumbukan / Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nilasari.2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Percobaan Rill-Virtual Terhadap Peningkatan Literasi Sains dan Metakognitif Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Dampit Materi Momentum Impuls dan Tumbukan. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Wartono M.Pd. (II) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata kunci Inkuiri melalui percobaan rill-virtual literasi sains metakognitif Inkuiri melalui percobaan rill-virtual merupakan pembelajaran yang dalam prosesnya melibatkan aktivitas penyelidikan berupa percobaan rill yang kemudian dikonfirmasi melalui kegiatan virtual Phet. Inkuiri melalui percobaan rill-virtual menekankan kemampuan siswa dalam menemukan sendiri konsep yang kemudian dikaitkan dengan permasahan di kehidupan sehari-hari dan menjadikan siswa pembelajar mandiri yang dapat meningkatkan aktivitas metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan literasi sains dan metakognitif siswa yang diberi pembelajaran Inkuiri melalui Percobaan Rill-Virtual dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experiment pretest-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Dampit. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6 sebagai kelas control yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Literasi sains diukur dengan menggunakan instrumen berupa tes uraian dan metakognitif siswa diukur dengan angket metakognitif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas taraf kesukaran daya pembeda dan reliabilitas. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan normalitas Liliefors dan homogenitas menggunakan Uji Harley. Uji kesamaan keadaan awal diuji dengan t-test dua ekor dan uji hipotesis menggunakan Anava AB dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Uji Anava AB literasi sains didapat Fhit 61 4 08 untuk data varian antar pembelajaran (A) disimpulkan bahwa peningkatan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri melalui percobaan rill-virtual lebih tinggi daripada kelas konvensional. Data varian antar kemampuan awal (B) didapat Fhit 13 1 4 08 disimpulkan bahwa peningkatan literasi sains siswa yang berkemampuan awal tinggi-rendah yang dibelajarkan dengan model inkuiri melaui percobaan rill-virtual lebih tinggi daripada kelas konvensonal. Hasil Uji Anava AB metakognitif didapat Fhit 10 4 08 untuk data varian antar pembelajaran (A) disimpulkan bahwa peningkatan metakognitif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri melalui percobaan rill-virtual lebih tinggi daripada kelas konvensional. Data varian antar kemampuan awal (B) didapat Fhit 12 5 4 08 disimpulkan bahwa peningkatan metakognitif siswa yang berkemampuan awal tinggi-rendah yang dibelajarkan dengan model inkuiri melaui percobaan rill-virtual lebih tinggi daripada kelas konvensional. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada pendidik untuk menerapkan model pembelajarn inkuiri melaui percobaan rill-virtual pada pembelajarn fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20908

Actions (login required)

View Item View Item