Analisis pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri Kabupaten Lumajang pada materi kinematika dan gaya / Suwandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri Kabupaten Lumajang pada materi kinematika dan gaya / Suwandi

Suwandi (2018) Analisis pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri Kabupaten Lumajang pada materi kinematika dan gaya / Suwandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suwandi.2017. Analisis Pemahaman Konsep dan Penalaran Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Kabupaten Lumajang pada Mater iKinematika dan Gaya. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Sentot Khusairi Msi (II) Dr. Parno Msi. Kata kunci pemahaman konsep penalaran ilmiah korelasi kinematika dan gaya Belajar adalah suatu proses memhami suatu konsep. Setelah pembelajaran akan diperoleh suatu pemahaman. Pemahaman siswa akan sesuai dengan konsep yang dimiliki oleh para pakar atau tidak dapat diuji melalui sebuat tes. Tes tersebut bisaberupa ujian sekolah ujian akhir semester dan ujian lainnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara pemahaman konsep dan penalaran ilmiah Siswa SMA Negeri kelas XI di Kabupaten Lumajang. Dengan Sampel Siswa Kelas XI SMAN Yosowilangun dan SMAN Kunir. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa nilai siswa dalam materi kinematika dan gaya serta nilai dari soal penalaran ilmiah. Penggumpulan data berupa tes soal pilihan ganda berjumlah 34 soal pemahaman konsep dan 13 soal penalaran ilmiah.Tahap analisis data menggunakan ujinormalitas uji liniearitas serta uji korelasi rho spearman. Berdasarkan analisis data diperoleh empat simpulan yaitu pertama Berdasarkan hasil analisis skor pemahaman konsep diperoleh hasil banyak siswa yang kurang memahami tentang konsep kinematika dan gaya hal ini dibuktikan dengan tidak adanya siswa yang memperoleh skor lebih dari 50 Kedua berdasarkan hasil analisis skor penalaran ilmiah diperoleh hasil 94 6 % siswa tergolong dalam kelompok penalaran kongkret dan sisanya 5 6% termasuk kelompok transisi awal Ketiga berdasarkan hasil uji korelas iRho Spearman diperoleh koefisien 0 006

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20903

Actions (login required)

View Item View Item