Pengolahan Data Pasang Surut Air Laut Menggunakan Metode Admiralty Berbasis Borland Delphi 7 - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengolahan Data Pasang Surut Air Laut Menggunakan Metode Admiralty Berbasis Borland Delphi 7

Ula, Faradila Rahmatul (2018) Pengolahan Data Pasang Surut Air Laut Menggunakan Metode Admiralty Berbasis Borland Delphi 7. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ula Faradila Rahmatul. 2017. Pengolahan Data Pasang Surut Air Laut Menggunakan Metode Admiralty Berbasis Borland Delphi 7. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widjianto M.Kom. (II) Nugroho Adi Pramono S.Si. M.Sc. Kata Kunci Pasang Surut Metode Admiralty Pemrograman Delphi. Salah satu hal yang menjadi karakteristik daerah pesisir adalah pasang surut air lautnya. Pengamatan terhadap pasang surut air laut dapat memberikan data sifat dan fenomena perairan yang berbeda-beda di setiap tempat tergantung pada letak geografis topografi tempat dan sifat masing-masing lautan yang diamati. Salah satu metode yang mempelajari dan dapat digunakan untuk memprediksi pasang surut air laut adalah metode admiralty. Metode admiralty merupakan metode yang digunakan untuk menghitung kuantitas harmonik pasang surut dari pengamatan pasang surut muka air laut tiap jam selama 15 hari atau 29 hari. Metode admiraltyterdiri dari delapan skema perhitungan mulai dari skema I sampai dengan skema VIII dalam setiap perhitungan skema memiliki proses yang berbeda dan dibantu dengan konstanta pengali yang telah ditentukan. Dari perhitungan keseluruh delapan skema akan didapatkan kuantitas harmonik yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis pasang surut air laut di daerah pengamatan setelah diolah kembali menggunakan formulasi bilangan formzahl. Perhitungan metode admiralty merupakan perhitungan yang rumit dan butuh ketelitian tinggi bila dilakukan secara manual ataupun dengan bantuan software Microsoft Excel. Oleh karena itu dalam penelitian ini telah dilakukan perhitungan metode admiralty menggunakan bantuan bahasa pemrograman Borland Delphi 7. Perhitungan metode admiralty menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7 menghasilkan nilai bilangan formzahl sebesar 4 97 cm. Nilai bilangan formzahl sebesar 4 97 cm menunjukkan jenis pasang surut di daerah pengamatan (Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong) adalah berjenis pasang surut harian tunggal beraturan atau diurnal. Nilai bilangan formzahl yang didapatkan juga menunjukkan bahwa di daerah tersebut dalam satu hari mengalami satu kali pasang dan satu kali surut. Perhitungan metode admiralty menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7 juga lebih mudah digunakan dan lebih ramah untuk pemula yang merasa kesulitan saat pertama kali belajar perhitungan metode admiralty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20901

Actions (login required)

View Item View Item