Uji sensitifitas medode geomagnet untuk mengidentifikasi struktur persebaran batuan gamping dengan pemodelan 2D di daerah pantai Sendang Biru, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang / Naufal Rafsanjani Difa

Difa, Naufal Rafsanjani (2018) Uji sensitifitas medode geomagnet untuk mengidentifikasi struktur persebaran batuan gamping dengan pemodelan 2D di daerah pantai Sendang Biru, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang / Naufal Rafsanjani Difa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Difa, Naufal Rafsanjani. 2017. Uji Sentitifitas Metode Geomagnet untuk Mengidentifikasi Persebaran Batuan Gamping dengan Pemodelan 2D di Daerah Pantai Sendang Biru, kec. Sumbermanjing Wetan, kab. Malang. Skripsi, Program Studi Fisika. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Burhan Indriawan, S.Si, M.Si. (2) Daeng Achmad Suaidi, S.Si, M.Kom. Kata kunci :Metode Geomagnet, Struktur Persebaran, Batuan Gamping, Batuan Pasir, Suseptibilitas, Peta Kontur, Intensitas, Slicing. Peta geologi di daerah pantai Sendang Biru, kec. Sumbermanjing Wetan, kab. Malang mengandung batuan gamping, namun belum aktif dilakukan proses penambangan dan identifikasi struktur persebarannya. Metode geomagnet dapat digunakan untuk mengetahui struktur persebaran batuan gamping, namun belum pernah diterapkan karena memiliki nilai suseptibilitas yang sangat kecil. Dalam hal ini, untuk mempermudah proses interpretasi maka penelitian yang dilakukan membutuhkan objek pembanding dengan batuan pasir. Telah dilakukan pengambilan data menggunakan metode geomagnet dengan luas lokasi penelitian ??90.000 m2 dan dimensi pengukuran 30x30m, kemudian menentukan desain survei yang terdiri dari 4 base station padatitik koordinat 8o26ÔÇÖ14,42ÔÇØS dan 112o38ÔÇÖ54,16ÔÇØE (base 1), 8o26ÔÇÖ24,55ÔÇØS dan 112o38ÔÇÖ54,89ÔÇØE (base 2), 8o26ÔÇÖ14,79ÔÇØS dan 112o39ÔÇÖ3,95ÔÇØE (base 3), 8o26ÔÇÖ24,30ÔÇØS dan 112o39ÔÇÖ4,13ÔÇØE (base 4). Dalam proses pengambilan data dilakukan variasi data 5 kali dalam satu titik station pengukuran. Namun, karena medan lokasi penelitian yang berbukit, maka pengambilan data pada titik tengah desain survei dilakukan secara random (acak). Koreksi dilakukan dari hasil data lapangan yang diperoleh menggunakan Microsoft excel dan interpretasi menggunakan software surfer 11 yang menghasilkan peta kontur. Peta kontur menunjukkan penampakan pada bidang datar persebaran batuan gamping dan batuan pasir yang berdampingan, sudah sesuai dengan peta geologi berdasarkan nilai intensitas medan magnetnya. Kemudian dilakukan proses slicing menggunakan software Mag2Dc yang menunjukkan hasil bahwa, pada kedalaman ??0-1000m dibawah permukaan tanah diduga terdapat persebaran batuan gamping yang mengacu pada nilai suseptibilitasnya.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item View Item