Pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD dipadukan dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Rahmad Prastiyan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD dipadukan dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Rahmad Prastiyan

Prastiyan, Rahmad (2018) Pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD dipadukan dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Rahmad Prastiyan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Prastiyan Rahmad. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran STAD Dipadukan dengan Scaffolding-Konseptual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A. (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci STAD scaffolding-konseptual kemampuan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa di abad 21. Jika seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik maka ia akan mampu menelaah informasi yang diperoleh atau permasalahan yang dihadapi sehingga mampu memilih dan mencari penyelesaian yang tepat dan logis. Model pembelajaran STAD yang dipadukan dengan scaffolding-konseptual dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa secara berkelompok akan menyelesaikan permasalahan dengan bantuan yang diberikan pada lembar kerja berupa link map dan soal pilihan ganda yang menuntun siswa untuk memahami konsep selamjutnya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD yang dipadukan dengan scaffolding-konseptual terhadap kemampuan berpikir kritits siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang menggunakan rancangan Pre- and Posttest Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Queen Al-Falah sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data kemampuan berpikir kritis awal siswa (pretest) dan data kemampuan berpikir kritis akhir siswa (posttest). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan terdiri dari silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan LKS. Instrumen pengukuran berupa soal kemampuan berpikir kritis berjumlah 10 butir soal essay yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Data dianalisis dengan anakova setelah dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas uji homogenitas dan uji linearitas. Hasil perhitungan memperoleh nilai Fhitung 5 210 Ftabel 3 17 dengan taraf signifikansi 0 05 yang menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 56 784 lebih tinggi daripada kelas konvensional sebesar 52 516. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran STAD yang dipadukan dengan scaffolding-konseptual terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20895

Actions (login required)

View Item View Item