Sholihin, Nurhadi (2017) Pengembangan media pembelajaran virtual laboratory berbasis kurikulum 2013 untuk membantu siswa SMK memaami penerapan hukum-hukum pada fluida statis dalam kehidupan sehari-hari / Nurhadi Sholihin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sholihin Nurhadi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Kurikulum 2013 untuk Membantu Siswa SMK Memahami Penerapan Hukum-hukum pada Fluida Statis dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S. Pd M Si (II) Drs. Winarto M.Pd. Kata kunci Media Pembelajaran Virtual Laboratory Scientific Approach Keterampilan proses ilmiah merupakan hal yang harus dilalui siswa dengan diterapkannya Kurikulum 2013. Scientific Aprroach merupakan pendekatan pembelajaran yang mengakomodasi terlaksananya keterampilan proses ilmiah. Berdasarkan studi pendahuluan penerapan pembelajaran berketerampilan proses sains dalam pembelajaran fluida statis terkendala keterbatasan alat praktikum. Untuk memenuhi kekurangan sumber belajar dan sarana praktikum bagi guru dan siswa dalam memahami konsep fluida statis perlu dikembangkan media pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran fluida statis berbasis scientific approach. Virtual laboratory merupakan media pembelajaran yang menunjang terciptanya suasana pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran scientific approach. Tujuan dikembangkannya media pembelajaran untuk memudahkan keterlaksanaan pembelajaran fluida statis berbasis keterampilan sains. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Reseach and Development (R D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi menurut Sukamdinata. Prosedur pengembangan hanya terdiri dari tiga tahapan utama yaitu 1) studi pendahuuan. 2) pengembangan produk 3) uji coba produk. Terdapat 3 bagian media yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan virtual laboratory. Media disusun berdasarkan langkah-langkah scientific approach. Tahapan pembelajaran yang telah disusun diantaranya 1) siswa mengamati video yang disediakan (2) merumuskan masalah (3) mengumpulkan data dengan praktikum virtual laboratory (4) menganalisa informasi (5) menyimpulkan (6) mengkomunikasikan kesimpulan kepada kelompok lain (7) berlatih menerapkan dalam soal. Hasil validasi media pembelajaran oleh dosen ahli dinyatakan valid dengan persentase sebesar 99% sedangkan hasil analisis data validasi oleh guru fisika penggunaan media dinyatakan valid dengan persentase sebesar 100%. Hasil uji coba terbatas diperoleh nilai kepraktisan penggunaan media sebesar 95% dinyatakan valid
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20878 |
Actions (login required)
View Item |