Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi interaktif pokok bahasan usaha dan energi / Vincentius Priambodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi interaktif pokok bahasan usaha dan energi / Vincentius Priambodo

Priambodo, Vincentius (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi interaktif pokok bahasan usaha dan energi / Vincentius Priambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priambodo Vincentius. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Interaktif Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Winarto M.Pd. (II) Sujito S.Pd. M.Si. Kata Kunci media pembelajaran animasi interaktif usaha energi Di era modern ini teknologi telah berkembang dengan pesat profesionalisme guru tidak cukup hanya dengan kemampuan membelajarkan peserta didik tetapi juga mengelola informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi kegiatan belajar. Kenyataannya pembelajaran fisika yang menarik jarang ditemui di kelas karena penyampaian materi fisika masih menggunakan ceramah dan jarang penggunaan media dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru mencari dan mempergunakan alternatif atau sumber belajar lain untuk menjadikan proses belajar mengajar yang awalnya abstrak dan sulit dipahami menjadi sebuah materi yang menarik serta mudah dipahami. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi interaktif yang layak sehingga dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian mengembangkan media pembelajaran dengan enam tahap yaitu konsep (concept) desain (design) pengumpulan bahan (material collecting) pembuatan (assembly) tes (testing) dan distribusi (distribution). Media pembelajaran divalidasi oleh dosen fisika dan guru fisika selaku validator ahli serta dilaksanakan uji coba terbatas pada kelas X IPA 7 di SMAN 1 Trenggalek. Dosen guru dan siswa diminta mengisi kuisioner yang telah dipersiapkan untuk mendapatkan data secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik perhitungan presentase untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan sedangkan data kualitatif digunakan sebagai pertimbangan revisi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran secara umum sudah layak untuk digunakan hal ini ditunjukan dari hasil validasi diperoleh 79 17% untuk kelayakan media 83 43% untuk kelayakan materi dan 81 55% dari uji keterbacaan siswa. ABSTRACT Priambodo Vincentius. 2017. The Development of Learning Media Based on Interactive Animation on Work and Energy Material. Sarjana s Thesis. Physics Department Faculty of Mathematics and Natural Science. State University of Malang Counselor (I) Drs.Winarto M.Pd. (II) Sujito S.Pd. M.Si. Keywords Learning Media Interactive Animation Work Energy In this modern era of technology has grown rapidly the professionalism of teachers is not enough with the ability to membelajarkan learners but also manage information and environment to facilitate learning activities. In fact interesting physics learning is rarely encountered in the classroom because the delivery of physical materials still uses lectures and rarely the use of media in the learning process. Learning media can help teachers find and use alternatives or other learning resources to make the learning process initially abstract and difficult to understand into a material that is interesting and easy to understand. This research was conducted to develop interactive learning media based on decent animation so that it can be used in teaching learning process. The researcher develop learning media with six-step concept design material collecting assembly test and distribution. The learning media is validated by physics lecturer and physics teacher as the expert of judges and conducts piloting process to X IPA 7 in SMAN 1 Trenggalek. The lecturers teachers and students are asked to fill out questionnaires that have been prepared to obtain quantitative and qualitative data. Quantitative data analyzed by percentage calculation technique to know the level of validity and properness of the learning media. The qualitative data used as consideration of revision of learning media. The results show that the learning media in general is valid for use but still requires revision in order to meet the comments criticisms and suggestions that have been received. The validation results obtained 79.17% for media properness 83.43% for material properness and 81.55% of the legibility test of students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20870

Actions (login required)

View Item View Item