Perbandingan pembelajaran inkuiri terbimbing disertai mind mapping dengan inkuiri terstruktur disertai mind mapping terhadap prestasi belajar fisika peserta didik / Kinanthi Ayu Widuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pembelajaran inkuiri terbimbing disertai mind mapping dengan inkuiri terstruktur disertai mind mapping terhadap prestasi belajar fisika peserta didik / Kinanthi Ayu Widuri

Widuri, Kinanthi Ayu (2017) Perbandingan pembelajaran inkuiri terbimbing disertai mind mapping dengan inkuiri terstruktur disertai mind mapping terhadap prestasi belajar fisika peserta didik / Kinanthi Ayu Widuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widuri Kinanthi Ayu. 2017. Perbandingan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Mind Mapping dengan Inkuiri Terstruktur disertai Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Inkuiri Terstruktur Mind Mapping Prestasi Belajar Fisika. Pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 terjadi dalam dua arah yaitu interaksi timbal balik melibatkan pendidik dan peserta didik. Kondisi ini bertolak belakang dengan pembelajaran di lapangan. Pembelajaran seperti itu berakibat pada rendahnya prestasi belajar peserta didik. Penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik seperti inkuiri terbimbing dapat memfasilitasi berkembangnya prestasi belajar. Pembelajaran inkuiri terdiri atas enam tahap yaitu (1) orientasi (2) merumuskan masalah (3) mengajukan hipotesis (4) mengumpulkan data (5) menguji hipotesis (6) merumuskan kesimpulan. Peserta didik mulai membuat mind mapping pada tahap mengumpulkan data untuk membantu dalam menyusun prosedur percobaan. Mind mapping dapat mengaitkan informasi baru dengan semua informasi dasar yang sudah ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar fisika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu kuasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di MAN 2 Kota Kediri sebanyak 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data prestasi belajar fisika awal (pretest) dan data prestasi belajar fisika akhir (posttest). Prestasi belajar peserta didik diukur menggunakan instrument pengukuran yang berupa tes pilihan ganda 20 soal. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Data dilakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya data dianalisis menggunakan independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan diperoleh ttabel 1 665

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item View Item