Purwanti, Shinta Desy (2017) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gondanglegi pada pokok bahasan fluida dinamis / Shinta Desy Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwanti Shinta Desy. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gondanglegi pada Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Skripsi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Maskjur M.Pd (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci pembelajar inkuiri terbimbing hasil belajar fisika Hasil belajar fisika merupakan hasil yang diperoleh dari serangkaian proses belajar yang dilakukan oleh siswa pada pembelajaran fisika. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan dalan pembelajaran fluida dinamis untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pre Test-Post Test Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gondanglegi tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel untuk penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 3 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes kemampuan awal dan hasil belajar fisika yang terdiri dari 21 soal pilihan ganda pada materi fluida dinamis dokumentasi dan observasi kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setara. Rata-rata kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sebesar 35 dan kelas kontrol 28 56. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing menghasilkan rata-rata posttest siswa lebih baik daripada rata-rata yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen adalah 82.71 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 72.36. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa thitung 6.285 2.012 (t47 0 05). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gondanglegi pada pokok bahasan fluida dinamis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20864 |
Actions (login required)
View Item |