Preparasi karakterisasi ferofluida Fe3O4 berbasis pasir besi dengan surfaktan asam oleat / Rosy Eko Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Preparasi karakterisasi ferofluida Fe3O4 berbasis pasir besi dengan surfaktan asam oleat / Rosy Eko Saputro

Saputro, Rosy Eko (2017) Preparasi karakterisasi ferofluida Fe3O4 berbasis pasir besi dengan surfaktan asam oleat / Rosy Eko Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputro Rosy Eko. 2017. Preparasi dan Karakterisasi Ferofluida Fe3O 4 Berbasis Pasir Besi dengan Surfaktan Asam Oleat. Skripsi Program Studi Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ahmad Taufiq S.Pd M.Si. (2) Dr. Sunaryono S.Pd M.Si. Kata kunci ferofluida Fe3O4 pasir besi asam oleat Indonesia merupakan negara yang kaya sumber daya alam mineral. Salah satu mineral yang tersedia dalam jumlah besar adalah Fe3O4 yang terkandung dalam pasir besi Indonesia. Akan tetapi pengolahan pasir besi di Indonesia sangat kurang sehingga pasir besi hanya dimanfaatkan sebagai bahan korektif saja. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai guna pasir besi adalah dengan membuatnya menjadi ferofluida Fe3O4. Ferofluida merupakan suspensi koloid berisikan partikel nano Fe3O4 yang terdispersi dalam suatu cairan pembawa. Ferofluida banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti medis dan industri maju. Pada penelitian ini digunakan partikel nano magnetik berbasis pasir besi sebagai filler dengan surfaktan asam oleat. Di samping itu variasi komposisi asam oleat juga dilakukan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap ukuran partikel dan sifat magnetik ferofluida. Preparasi partikel nano magnetik dilakukan dengan menggunakan metode kopresipitasi kemudian dilapisi dengan asam oleat. Serbuk nano Fe3O4 dikarakterisasi menggunakan XRD dan TEM untuk mengetahui struktur fase kristal serta distribusi ukuran partikel. Sementara ferofluida dikarakterisasi menggunakan FTIR untuk mengetahui gugus fungsinya. Karakterisasi VSM dilakukan untuk mengetahui sifat magnet ferofluida Fe3O4. Mengacu pada hasil penelitian ferofluida Fe3O4 telah berhasil disintesis. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan fase yang muncul adalah Fe3O4 ditandai dengan adanya puncak tertinggi di 35 6 diketahui pula distribusi ukuran partikel sampel adalah sekitar 9 nm. Hasil ini dikonfirmasi secara visual oleh hasil karakterisasi TEM yang menunjukkan distribusi partikel sekitar 9 nm. Hasil karakterisasi ferofluida menggunakan FTIR menunjukkan gugus fungsi tiga komponen utama ferofluida berhasil muncul. Berdasarkan hasil VSM sampel dengan komposisi medium memiliki magnetisasi saturasi terbesar yaitu 17 emu/gram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item