Nurjannah, Fita (2017) Pengaruh model discovery learning dengan procedural scaffolding terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika siswa / Fita Nurjannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurjannah Fita. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning dengan Procedural Scaffolding terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Siswa. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A. (2) Sulur S.Pd. M.Si M.TD. Kata Kunci discovery learning procedural scaffolding kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu tuntutan utama Kurikulum 2013. Manusia diharapkan dapat berpikir kritis lateral dan sistematik dalam memecahkan masalah dan memiliki potensi berpikir reflektif untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi di masyarakat. Hal ini mengarahkan setiap manusia untuk mempunyai kemampuan memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerapkan model discovery learning dengan procedural scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model discovery learning dengan procedural scaffolding terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika siswa. Model discovery learning dengan procedural scaffolding menggunakan sintaks discovery learning yang terdiri atas enam tahap yaitu (1) stimulation (2) problem statement (3) data collection (4) data processing (5) verification dan (6) generalization. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Pre- and Posttest Group Design. Kelas XI MIPA SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas sebagai populasi penelitian sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Setiap kelas yang menjadi sampel penelitian terdiri dari 35 siswa. Data penelitian berupa data kemampuan memecahkan masalah awal (pretest) dan data kemampuan memecahkan masalah akhir (posttest). Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan dan pengukuran. Instrumen perlakuan meliputi silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan LKS sedangkan instrumen pengukurannya berupa soal kemampuan memecahkan masalah dengan jumlah 7 butir soal essay yang diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Data dianalisis dengan Anakova namun sebelumnya dilakukan uji prasyarat dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan mendapatkan nilai F_hitung 13 920 F_tabel 3 93 dengan signifikansi 0 05 yang menunjukkan adanya perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara kelas yang belajar menggunakan discovery learning dengan procedural scaffolding dan kelas yang belajar dengan discovery learning. Rata-rata nilai posttest kemampuan memecahkan masalah kelas discovery learning dengan procedural scaffolding sebesar 72 71 lebih tinggi daripada kelas discovery learning sebesar 59 20. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh discovery learning dengan procedural scaffolding terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika. ABSTRACT Nurjannah Fita. 2017. The Effect of Discovery Learning with Procedural Scaffolding on Students Physics Problem Solving Skills. Thesis Department of Physics Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Advisors (1) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A. (2) Sulur S.Pd. M.Si M.TD. Keywords discovery learning procedural scaffolding problem solving skills. Problem solving skills is a requirement of the human in the Curriculum 2013. Every human being should think critically lateral and systematic in solving problems and has the potential reflective thinking problems to be faced in the community . It requires each individual to have a problem-solving skills is to applied Discovery Learning with procedural scaffolding. The objective of this research was to investigate the effect of discovery learning with procedural scaffolding on physics problem solving skills. The application of procedural scaffolding in this research using syntax of discovery learning which consist of six stages (1) stimulation (2) problem statement (3) data collection (4) data processing (5) verification dan (6) generalization. This research is a quantitative type of quasi experimental study. The study design used is Pre- and Posttest Group Design. Students of class XI MIPA SMA Laboratorium UM in the academic year of 2016/2017 which consists of three classes as the study population while the sample used is a class XI MIPA 1 as an experimental class and class XI MIPA 3 as the control class used cluster random sampling technique for choosing them. Each class that is the subject of the research consisted of 35 students. The research data is data beginning problem solving ability (pretest) and data troubleshooting capabilities (posttest). The instrument used was the carrying out and measurement instruments. Treatment instrument covering the syllabus lesson plan and handout while the measurement instrument that is a matter upon ability solving the problem with the number of 7-point essay questions that tested the validity and reliability first. The data analysis conducted to test the hypothesis using ANCOVA but previously done the prerequisite test to test the normality and homogenity. The result of the calculation of scores Fcount 13 920 Ftable 3 93 to 0 05 which shows the differences between the problem solving skills of discovery learning with procedural scaffolding class and discovery learning class . The average value posttest of problem solving skills discovery learning with procedural scaffolding class for 72.71 is higher than a discovery learning class of 59.20 . This shows the effect of discovery learning with procedural scaffolding on physics problem solving skills .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20835 |
Actions (login required)
View Item |