Mesin panas mekanika kuantum sistem fermion tunggal relativistik tak bermassa dalam kotak 1 dimensi / Deny Pra Setyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Mesin panas mekanika kuantum sistem fermion tunggal relativistik tak bermassa dalam kotak 1 dimensi / Deny Pra Setyo

Setyo, Deny Pra (2017) Mesin panas mekanika kuantum sistem fermion tunggal relativistik tak bermassa dalam kotak 1 dimensi / Deny Pra Setyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyo Deny P. 2016. Mesin Panas Mekanika Kuantum Sistem Fermion Tunggal Relativistik Tak Bermassa dalam Kotak 1 Dimensi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eny Latifah M.Si (II) Nugroho Adi Pramono S.Si M.Sc Kata Kunci Mesin Otto Kuantum Mesin Diesel Kuantum Sistem Fermion Tunggal TakBermassa Persamaan Dirac Model AnalogiTerrmodifikasi Mesin panas mekanik merupakan piranti yang digunakan untuk mengkonversi energi panas menjadi usaha mekanik. Energi panasnya diperoleh dari reservoir panas dan sisanya keluar melalui reservoir dingin. Secara kuantum mesin panas mekanik menggunakan materi-materi kuantumdan memenuhi perilaku mikroskopis. Penelitian mengenai mesin panas kuantum penting untuk dilakukan seiring perkembangkan teknologi yang menuju miniaturisasi lebih. Pada penelitian ini telah dieksplorasi mesin panas kuantum sistem fermion tunggal relativistik tak bermassa pada kotak 1D yang menjalani siklus seperti Otto dan Diesel khususnya pada mesin Otto dan mesin Diesel untuk sistem kuantum. Eksplorasi mesin Otto dan mesin Diesel kuantum diawali dengan menyelesaikan persamaan Dirac1D dengan syarat batas potensial tak hingga. Pada penelitian ini dipilih model analogi termodifikasi dengan implementasi hukum pertama termodinamika untuk mendeskripsikan proses-proses termodinamis pada sistem kuantum. Hasil yang diperoleh untuk mesin Otto Kuantum partikel Relativistik menunjukkan formulasi efisiensi yang serupa dengan formulasi efisiensi mesin Otto klasik dan mesin Otto kuantum non-Relativistik . Hasil yang serupa juga terjadi pada mesin Diesel kuantum. Perbedaan formulasi efisiensi mesin Otto dan Diesel kuantum Relativistik dibandingkan dengan formulasi mesin Otto dan Diesel kuantum non-Relativistik adalah faktor konstanta Laplace yang merupakan rasio antara panas jenis pada tekanan tetap dan volume tetap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20828

Actions (login required)

View Item View Item