Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung pada pokok bahasan suhu dan kalor / Bimbi Aprilia Indrayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung pada pokok bahasan suhu dan kalor / Bimbi Aprilia Indrayanti

Indrayanti, Bimbi Aprilia (2017) Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang Tulungagung pada pokok bahasan suhu dan kalor / Bimbi Aprilia Indrayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrayanti Bimbi Aprilia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMAN 1 Gondang pada pokok bahasan Suhu dan Kalor. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Parno M.Si (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Posing Kemampuan Berpikir Kreatif Suhu dan Kalor Problem Posing adalah model pembelajaran dimana siswa membuat masalah/ soal kemudian mencari solusi dari soal tersebut. Guru sebagai fasilitator mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam setiap tahap pembelajaran Problem Posing. Tahapan pembelajaran Problem Posing diawali dengan mendeskripsikan situasi/ informasi mendefinisikan masalah menampilkan masalah menyelesaikan masalah dan mendiskusikan alternatif pemecahan masalah. Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posingdan siswa yang belajar secara konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X MIA SMAN 1 Gondang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-MIA 1 sebagaikelas eksperimen dan kelas X-MIA 4sebagaikelaskontrol yang dipilih menggunakan teknik ClusterRandom Sampling. Kemampuan berpikir kreatif siswadiukurmenggunakaninstrumen yang berupates essay. Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.HasiltesdiujiprasyaratmenggunakanujinormalitasChi-SquaredanujihomogenitasUji Harley.Selanjutnya dilanjutkanujihipotesismenggunakanUji tdengantarafsignifikansi 5%. Hasiluji t kemampuan berpikir kreatif didapatttabel 1 99

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20826

Actions (login required)

View Item View Item