Rancang bangun sistem pengukuran dielektrik pada suhu rendah berbasis labview / Imam Mukti Hardriyatono - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem pengukuran dielektrik pada suhu rendah berbasis labview / Imam Mukti Hardriyatono

Hardriyatono, Imam Mukti (2016) Rancang bangun sistem pengukuran dielektrik pada suhu rendah berbasis labview / Imam Mukti Hardriyatono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukti. H Imam. 2012. Rancang Bangun Sistem Pengukuran Dielektrik Pada suhu Rendah Berbasis LabView. Skripsi Program Studi Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nandang Mufti S.Si M.T. Ph.D (II) Drs. Yudyanto M.Si. Kata Kunci Dielektrik Suhu Rendah LabView. Pada era modern sekarang ini perkembangan dunia penelitian fisika sangat pesat yaitu dengan dilakukannya pengujian-pengujian karakteristik materi yang kemudian mampu diaplikasikan dan memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya adalah pengujian sifat dielektrik pengujian ini sangat bermanfaat karena dapat mengetahui karakteristik suatu bahan yang memiliki daya hantar arus sangat kecil atau bahkan hampir tidak ada. Pengukuran dielektrisitas sangat diperlukan untuk untuk mengetahui karakteristik sifat bahan khususnya pada bahan semikonduktor yang memiliki fase berbeda pada rentang suhu yang berbeda. Rancang bangun sistem pengukuran dielektrik pada suhu rendah berbasis Labview dibuat untuk mempermudah pengukuran besaran fisis nilai dielektrik bahan. Rancang bangun sistem pengukuran ini menggunakan set up holder sample dari tembaga dan teflon serta menggunakan metode two probe. Sementara untuk mengukur kapasitansi menggunakan Motech MT4090. Sebagai parameter temperatur dalam rancang bangun alat ini digunakan sensor suhu Kitley 6178b . Data hasil proses dari Kitley dan two probe point diproses dan ditampilkan sehingga membentuk grafik hubungan dielektrik dengan suhu. Kalibrasi menggunakan Sensor 51 K/J Themokopel dan datasheet. Hasil rancang bangun sistem pengukuran dielektrik dengan suhu rendah berbasis Labview menunjukkan hasil dengan bahan Si didapatkan nilai dielektrik sebesar 15 pada suhu 283 K dan nilai dielektrik 9 pada suhu 155 K.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20812

Actions (login required)

View Item View Item