Pengaruh komposisi zirkonium terhadap kekerasan dan toksisitas hidroksiapatit-zirkonia / Anisa Fierda Arumingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh komposisi zirkonium terhadap kekerasan dan toksisitas hidroksiapatit-zirkonia / Anisa Fierda Arumingtyas

Arumingtyas, Anisa Fierda (2016) Pengaruh komposisi zirkonium terhadap kekerasan dan toksisitas hidroksiapatit-zirkonia / Anisa Fierda Arumingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arumingtyas Anisa Fierda. 2016. Pengaruh Komposisi Zirkonium terhadap Kekerasan dan Toksisitas Hidroksiapatit-zirkonia. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Yudyanto M.Si. (II) Dr. Ahmad Taufiq M.Si. Kata Kunci Hidroksiapatit zirkonia kekerasan toksisitas Penelitian tentang biomaterial dewasa ini ditujukan pada sintesis bahan biokeramik untuk pemakaian biomedis. Biokeramik kelompok fosfat contohnya hidroksiapatit banyak digunakan dalam bidang ortopedi sebagai implan tulang karena sifatnya yang tidak toksit. Namun sebagai implan hidroksiapatit memiliki kekerasan yang rendah. Penambahan zirkonia dapat meningkatkan kekerasan hidroksiapatit dan tidak menyebabkan toksit. Oleh karena itu pembuatan hidroksiapatit-zirkonia perlu dilakukan untuk mendapatkan implan tulang yang memiliki kekerasan yang sesuai dan tidak toksit. Pada penelitian ini hidroksiapatit-zirkonia disintesis dengan tiga tahap. Tahap pertama pembuatan material dasar menggunakan batu kalsit Druju Malang yang dijadikan sebagai sumber Ca dengan kemurnian 97 33%. Tahap kedua sintesis hidroksiapatit dengan menggunakan metode presipitasi. Sumber fosfat diperoleh dari Dimmonium Hidrogen Fosfat (DHP) Merck. Tahap awal sintesis hidroksiapatit adalah pelarutan serbuk calcite ke dalam HNO3 2M dan distirer dengan kecepatan 700 rpm selama 30 menit. Selanjutnya DHP ditambahkan ke dalam larutan distirer dengan kecepatan 700 rpm selama 2 jam sambil ditetesi NH4OH untuk mengontrol pH 9-10. Hasil yang didapatkan diendapkan selama 24 jam. Endapan dicuci menggunakan DI water dan dikeringkan pada suhu 500oC selama 5 jam. Selanjutnya tahap tiga serbuk hidroksiapatit yang telah jadi ditambahkan dengan zirkonia dengan cara digerus selama 2 jam dan dipress lalu dipanaskan pada suhu 1200 C dengan waktu penahanan selama 2 jam. Hasil hidroksiapatit-zirkonia dikarakterisai menggunakan XRD SEM-EDX micro vikers hardness dan uji organ terpisah. Hasil XRD menunjukkan bahwa fasa yang terbentuk dari hidroksiapatit adalah hidroksiapatit dan monetite sedangkan fasa hidroksiapatit-zirkonia berupa 946 TCP CaZrO3 hidroksiapatit dan zirkonia. Hidroksiapatit yang diperoleh memiliki perbandingan nilai Ca/P sebesar 1 47. Hasil uji kekerasan dengan menggunakan micro vikers hardness menunjukkan semakin besar komposisi berat unsur Zr semakin turun kekerasan hidroksiapatit-zirkonia. Besarnya nilai kekerasan secara berurutan komposisi Zr(13 29) Zr(23 30) Zr(26 66) dan Zr(0) adalah 86 8 44 9 30 3 18 7 HVN sedangkan untuk uji toksisitas diperoleh hasil tidak toksit pada semua variasi komposisi berat unsur Zr. Hasil tersebut menunjukkan bahwa variasi komposisi berat unsur Zr menyebabkan penurunan nilai kekerasan Hidroksiapatit-zirkonia namun tetap tidak toksit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20810

Actions (login required)

View Item View Item