Muhimmah, Sakinatul (2016) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan elastisitas untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MM-TKJ SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk / Sakinatul Muhimmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muhimmah Sakinatul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Division) Pada Pokok Bahasan Elastisitas untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MM-TKJ SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (II) Nuril Munfaridah S.Pd M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran STAD motivasi prestasi belajar Hasil observasi di SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tergolong rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan nilai ujian semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar Fisika khususnya kelas X MM-TKJ masih rendah. STAD adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Model Pembelajaran STAD terdiri dari 5 tahap yaitu presentasi kelas oleh guru kerja tim kuis pensekoran dan penghargaan. Tahap presentasi kelas membantu siswa memahami materi pelajaran. Pemahaman siswa diperkuat saat kerja tim. Kuis dan penghargaan di akhir pembelajaran membuat siswa antusias melakukan kegiatan belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian yaitu 21 siswa kelas X MM-TKJ SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. Instrumen penelitian berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran angket motivasi belajar dan soal tes fisika materi elastisitas. Data keterlaksanan pembelajaran STAD diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran data motivasi belajar siswa diperoleh dari pengisian angket motivasi dan data prestasi belajar diperoleh dari nilai tes fisika setiap akhir siklus. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan didukung dengan analisis kuantitatif dengan menghitung persentase keterlaksanaan pembelajaran jumlah sekor motivasi belajar tiap siswa sekor rerata gabungan dan menghitung nilai rata-rata tes siswa serta persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian pada siklus I sekor rerata gabungan motivasi belajar siswa yaitu 2 89 (kategori cukup baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 3 22 (kategori cukup baik). Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa 57 14% dan meningkat menjadi 76 19% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD pada pokok bahasan elastisitas dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MM-TKJ SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. Penerapan pembelajaran STAD untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar sebaiknya didukung dengan manajemen waktu yang baik dan suasana kelas yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20805 |
Actions (login required)
View Item |