Maulana, Avid Wahyu (2016) Pengembangan buku siswa XII IPA Madrasah Aliyah pada materi pokok induksi elektromagnetik dengan pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat (STM) / Avid Wahyu Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Avid Wahyu Maulana. 2016. Pengembangan Buku Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Pada Materi Pokok Induksi Elektromagnetik Dengan Pendekatan Sains Teknologi Dan Masyarakat (STM). Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono M.Pd dan (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si Kata kunci Buku Siswa Pendekatan STM Induksi Elektromagnetik Ketika siswa hadir di kelas siswa membawa pengalaman dalam kehidupannya sehari-hari. Siswa akan memadukan pengalamannya dengan konsep yang diajarkan sehingga sering terjadi kesalahan pemahaman konsep. Salah satu cara untuk mengatasi masalah siswa dalam memahami konsep yang dialami adalah dengan menggunakan sumber belajar yang mendukung. Saat ini bahan ajar yang digunakan di MAN 1 Malang adalah Fisika untuk SMA/MA kelas 3 karangan Marthen Kanginan . Buku tersebut membahas materi konsep seperti hukum faraday dan hukum lenz pada awal penggalan buku hal ini membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep yang diajarkan. Buku ajar akan menarik dan bermakna karena materi yang dipelajarinya dianalogikan dalam kehidupan sehari-hari. Alur pembelajaran STM akan dimulai dengan eksplorasi terhadap siswa artinya pendekatan pembelajaran ini akan menyesuaikan dengan apa yang sering ditemui atau dimengerti siswa baru kemudian hal-hal tersebut akan dikembangkan kepada materi yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku siswa dengan pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) pada Materi Pokok Induksi Elektromagnetik induksi elektromagnetik bagi siswa XII IPA Madrasah Aliyah. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengambangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Model penelitian dan pengembangan ini secara garis besar dibagi menjadi tiga langkah kemudian langkah secara garis besar tersebut diadaptasi dan direduksi menjadi dua langkah. Langkah ketiga yaitu tahap implementasi produk tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Dari kedua langkah yang digunakan kemudian diadaptasi dan dijabarkan menjadi 7 langkah ketujuh tahapan tersebut adalah potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi materi revisi produk validasi keterbacaan buku siswa dan revisi produk sehingga produk dinyatakan layak pakai. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa skor kelayakan buku siswa sebesar 100% valid oleh validator materi. Sedangkan skor untuk validasi keterbacaan buku siswa oleh guru didapatkan skor 95 1% oleh guru validator 1 dan 90 5% oleh guru validator 2 sehingga setelah dilakukan perbaikan dari catatan dosen dan guru buku siswa yang dikembangkan dapat dinyatakan layak. Kendati dinyatakan layak buku siswa yang dikembangkan masih butuh pengujian lebih lanjut agar dapat digunakan disekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20802 |
Actions (login required)
View Item |