Sintesis dan karakterisasi Nano-SiC berbasis mineral lokal Malang dengan metode magnesiotermal dan potensinya untuk rompi anti-peluru / Ardiansyah

Ardiansyah (2016) Sintesis dan karakterisasi Nano-SiC berbasis mineral lokal Malang dengan metode magnesiotermal dan potensinya untuk rompi anti-peluru / Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah. 2016. Sintesis dan Karakterisasi Nano-SiC Berbasis Mineral Lokal Malang dengan Metode Magnesiotermal dan Potensialnya untuk Rompi-Anti Peluru. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Abdulloh Fuad, M.Si, (II) Dra. Chusnana Insjaf Yogihati, M.Si. Kata Kunci: SiC, Rompi Anti-Peluru, SEM, FTIR, Uji VickerÔÇÖs Dalam penelitian ini, pemanfaatan bahan komposit nano silikon karbida (SiC) disintesis dengan metode magnesiotermal sebagai material yang berpotensi dalam baju-anti peluru. Sifat mekanik dari silikon karbida dipicu dari ikatan kovalen. Sifat mekanik ini digunakan dalam pelapisan bahan baju anti-peluru (hard armor). Dulunya pelapisan baju peluru terbuat dari baja atau alloy. Namun seiring dengan bertambahnya teknologi pemanfaatan bahan komposit yang ringan dapat menjadi alternatif pengganti bahan terdahulu. Nanosilikon karbida diperoleh dari sintesis bahan silika oksida dan sukrosa dalam ukuran nano. Silika oksida diproduksi dari ekstraksi dari batuan piropilit di desa Sumbermanjing, Malang. SiC ( dengan ukuran 2.8 nm) dengan kristalinitas terbaik dengan jenis kristal heksagonal berpolitipe 6 HÔÇôSiC diperoleh melalui penambahan Mg dengan rasio 1:1 (SiO2/C:Mg) dan suhu sintering pada suhu 750oC - 800oC. Hasil uji SEM terlihat bahwa morfologi SiC bergerombol yang menunjukkan bahwa SiC berorde nano. Sedangkan uji kekerasan vickerÔÇÖs hasil tertinggi dengan nilai uji kekerasan sebesar 0.07- 0.156 Gpa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20800

Actions (login required)

View Item View Item