Pemanfaatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SDN Bluuran 1 Sampang / Imam Hidayaturrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SDN Bluuran 1 Sampang / Imam Hidayaturrahman

Hidayaturrahman, Imam (2011) Pemanfaatan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SDN Bluuran 1 Sampang / Imam Hidayaturrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif ilmu pengetahuan alam Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh banyaknya faktor yang saling terkait yaitu guru siswa metode saran dan prasarana situasi dan lingkungan. Dalam proses pembelajaran sistem penyampaian materi apapun yang digunakan pada prinsipnya guru harus berusaha meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada masa sekarang ini telah banyak sekolah yang mempunyai laboratorium komputer. Guru sebagai pendidik hendaknya dapat memanfaatkan komputer tersebut sebagai media pembelajaran untuk peserta didik. Media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi yang dijelaskan guru serta mengurangi tingkat keverbalan yang dilakukan oleh guru. Karena penggunaan media pembelajaran yang ketat menjadikan siswa lebih tertarik dan tidak pernah bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu media pembelajaran diharapkan dapat memberikan motivasi belajar terhadap peserta didik. Sehingga dengan adanya kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran dapat menunjang efektivitas efisiensi dan daya tarik bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dari permasalahan yang dimunculkan ada empat permasalahan yang perlu dkaji yaitu (1) tanggapan guru dan siswa twerhapa pemanfaatan media pembelajaran interaktif (2) hambatan dalam pemanfaatan media pembelajaran interaktif (3) usaha untuk mengatasi hambatan-hambatan dan meningkatkan efektiitas media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dengan instrumen pengambilan data melalui observasi wawancara dan angket. Data penelitian diperoleh dari 30 siswa dengan rincian satu orang guru IPA.data yang diperoleh dari anagket dianalisis dengan menggunakan analisis presentase sedangkan hasil wawancara dan observasi secara kuantitatif sehingga berbentuk rangkaian kalimat yang semuanya secara sistematis. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah alasan yang medasari pemanfaatan media pembelajaran interaktif bahwa media ini sangat menarik yang mempermudah siswa dalam pembelajaran.media ini berbentuk drill and practice yang disajikan berupa materi dan soal-soal yang di disertai gambar suara dan teks. Sehingga proses pembelajaran menyenangkan. Hambatan yang ditemui adalah terbatasnya perangkat keras dan seringnya mengalami gangguan serta guru yang kurang memahami dalam pengoperasian media pembelajaran. Dan usaha yang ditempuh untuk mengatasinya dengan cara memanfaatkan media secara klasikal. Dan peningkatan pegadaan software serta mengirim guru bidang multimedia untuk mengikuti pelatihan. Darihasil tersebut disarankan kepada guru untuk memanfaatkan media secara individual dan dan memanfaatknsoftware yang mendukung dalam pembelajaran yang sekaligus dapat mengukur hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item