Pengembangan instrumen penilaian autentik (authentic assessment) fisika SMA materi fluida dinamis kelas XI IPA / Bayu Dwi Indiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian autentik (authentic assessment) fisika SMA materi fluida dinamis kelas XI IPA / Bayu Dwi Indiarto

Indiarto, Bayu Dwi (2016) Pengembangan instrumen penilaian autentik (authentic assessment) fisika SMA materi fluida dinamis kelas XI IPA / Bayu Dwi Indiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indiarto BayuDwi. 2016. PengembanganInstrumenPenilaianAutentik (AuthenticAssessment) Fisika SMA MateriFluidaDinamisKelas XI IPA.Skripsi Program StudiPendidikanFisika JurusanFisika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Drs. DwiHaryoto M.Pd. Kata Kunci penilaianautentik sikap pengetahuan keterampilan Penilaiandalampendidikanmencakuptigakompetensiyaitukompetensisikap pengetahuan danketerampilan Dalampelaksanaannyabentukpenilaian yang masihseringdigunakanoleh guru fisika umumnyamenggunakanpenilaiantradisional(paper and pencil test).Penilaiantradisionalhanyamengukuraspekpengetahuanpesertadidiksaja akantetapidalam prosespembelajaran pesertadidikmelakukanbanyakhal yang takterbataspadakemampuanpengetahuansaja tetapi juga kemampuanyang berhubungandengansikapdanketerampilan.Olehkarenaitu diperlukansuatupenelitianuntukmengembangkanproduk yang berisiinstrumenpenilaian yang mengukursemuaaspektersebut.Produkyang dihasilkandaripenelitianiniberupaBukuPedomanPenilaianAutentikFluidaDinamis yang di dalamnyaberisiinstrumenpenilaianuntukaspeksikap pengetahuan danketerampilan.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukinstrumenpenilaianautentikpadamateriFluidaDinamissertamengujikelayakannya. Penelitianinimenggunakan model penelitiandanpengembangan (Research and Development)ADDIE.Instrumenpengumpulan data daripenelitianiniadalahangketdanlembarkritikdan saran terhadapproduk.Data yang didapatkanadalah data kuantitatifdankualitatif. Data kuantitatifuntukpenilaiankelayakandanketerbacaandiperolehmelaluihasilpengisianangket yang dilakukanolehahli (Guru danDosen) untukpenilaianketerbacaaninstrumenpenilaiandilakukanolehpesertadidik. Analisis data kuantitatifdalampenelitianinimenggunakanmetodeanalisis rata-rata untuk data kualitatifprodukberdasarkankritikdan saran. Berdasarkananalisis data kuantitatif bahan ajar inimendapatkankategorilayakdansangatlayak sedangkanberdasarkan data kualitatif bahan ajar iniperludirevisipadabagiantertentu.Meskipuninstrumenpenilaianautentikdalambukupedomanpenilaianinitermasukpadakategorilayak instrumenpenilaianautentikiniperludiujisecaralebihlanjutdengancaramenerapkaninstrumenpenilaianautentikinidalampembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20798

Actions (login required)

View Item View Item