Pengaruh variasi medan magnet eksternal terhadap dinamika vorteks pada JJ-SNSl TDGL termodifikasi / Ahmad Musrifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi medan magnet eksternal terhadap dinamika vorteks pada JJ-SNSl TDGL termodifikasi / Ahmad Musrifin

Musrifin, Ahmad (2016) Pengaruh variasi medan magnet eksternal terhadap dinamika vorteks pada JJ-SNSl TDGL termodifikasi / Ahmad Musrifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musrifin Ahmad. 2016. Pengaruh Variasi Medan Magnet Eksternal terhadap Dinamika Vorteks pada JJ-SNS Berdasarkan Model TDGL Termodifikasi. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wisodo M.Si (2) Nugroho Adi. P S.Si. M.Sc. Kata Kunci JJ-SNS Dinamika Voterks Medan Magnet Eksternal dan Persamaan TDGL termodifikasi Dinamika vorteks dalam pengaruh medan magnet eksternal pada Josephson Junction-Superconductor Normal Superconductor (JJ-SNS) telah berhasil dikaji berdasarkan persamaan TDGL termodifikasi. Sampel berukuran Lx Ly 50 958 0 50 958 0 dengan lebar sambungan LxN LyN 1 75 958 0 50 958 0 yang dialiri rapat arus eksternal sebesar Je y 0 024J0 telah mengindikasikan interaksi vorteks pada sambungan dengan bahan superkonduktor sisi kiri. Untuk melihat dinamika anihilasi VAV maka dipilih LxN LyN 1 958 0 50 958 0 dengan Je x 0 046J0. Masing-masing sistem akan mendapat pengaruh dari medan magnet eksternal He yang diterapkan dalam arah z dalam rentang variasi 0 Hc2(0) 1. Pada penelitian ini solusi persamaan TDGL termodifikasi telah diselesaikan melalui metode finite-difference dengan skema forward time centered space (FTCS). Dalam keperluan menyederhanakan persamaan dan memperoleh ketelitian proses komputasi yang tinggi maka telah diperhitungkan normalisasi persamaan TDGL termodifikasi. Pemberian variasi medan magnet eksternal telah menunjukkan sifat berbeda pada kesetimbangan konfigurasi tancapan vorteks dalam sambungan dan eksistensi vorteks dalam JJ-SNS serta periodisitas fenomena anihilasi pasangan VAV dalam sambungan Josephson. Kuatnya medan magnet eksternal yang diberikan membuat vorteks-vorteks lebih mudah untuk menyusun diri dalam kondisi setimbangannya dan memberikan kerapatan konfigurasi vorteks dalam sambungan. Disisi lain lemahya medan magnet eksternal telah membatasi pergerakan vorteks untuk keluar dari sistem JJ-SNS. Selain itu pada dinamika anihilasi VAV dalam sambungan implikasi pemberian medan magnet eksternal yang semakin kuat telah memberikan kemunculan periodisitas fenomena anihilasi VAV dalam sambungan menjadi lebih panjang. Telah diperhitungkan juga karakteristik kurva potensial (V-t) bagi masing-masing sistem JJ-SNS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item View Item