Nurjiyati, Iin (2016) Pengembangan multimedia pembelajaran fisika pada pokok bahasan teori kinetik gas untuk peserta didik SMA/MA kelas XI / Iin Nurjiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurjiyati Iin. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Teori Kitetik Gas untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI.Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Winarto M.Pd. (II) Nuril Munfaridah M.Pd. Kata Kunci multimedia animasi teori kinetik gas Media merupakan salah satu komponen dalam pelaksanaan pembelajaran. Media yang digunakan dalam proses pembelajaran hendaknya sesuai dengan karakteristik materi ajar. Pemilihan media yang tepat dan efektif akan membantu peserta didik dalam memahami materi. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa media yang digunakan pada pokok bahasan teori kinetik gas belum sesuai dengan karakteristik materi. Kondisi ini menyebabkan perlu adanya media yang sesuai dengan karakteristik materi yakni multimedia pembelajaran fisika yang dilengkapi animasi dan simulasi. Multimedia ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk mencapai Kompetensi Dasar Fisika SMA/MA kelas XI. Oleh karena itu dillakukan penelitian untuk menghasilkan multimedia pembelajaran fisika dan mendeskripsikan kelayakannya. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall dengan mengadaptasi 5 tahapan yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal 2) perencanaan 3) pengembangan draf produk 4) uji coba lapangan awal 5) revisi produk awal. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli yang terdiri dari dosen fisika dan 2 guru mata pelajaran fisika serta uji coba terbatas oleh pengguna multimedia (16 peserta didik SMA Negeri 5 Malang). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik perhitungan persentase rata-rata. Hasil penelitian ini berupa multimedia pembelajaran yang dikembangkan dengan software Macromedia flash Professional 8 dengan format .exe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran fisika memperoleh nilai persentase rata-rata 91 81% dari penilaian tim ahli yang berarti multimedia dalam kategori layak. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa multimedia meliliki keterbacaan baik dan peserta didik dapat mengoperasikan multimedia dengan mudah. Multimedia pembelajaran memiliki kelebihan dapat menyajikan animasi simulasi praktikum dan bersifat interaktif namun terbatas pada pokok bahasan teori kinetik gas. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan siap untuk diimplementasikan kepada peserta didik dalam skala besar sehingga teruji efektivitas penggunaannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20777 |
Actions (login required)
View Item |