Sistem pengolahan citra digital untuk menghitung luas dan keliling obyek dengan menggunakan webcam / Grandis Rahmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pengolahan citra digital untuk menghitung luas dan keliling obyek dengan menggunakan webcam / Grandis Rahmawan

Rahmawan, Grandis (2016) Sistem pengolahan citra digital untuk menghitung luas dan keliling obyek dengan menggunakan webcam / Grandis Rahmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawan Grandis. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Ahmad Yani Bangil Pasuruan. Skripsi Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. (II) Drs. Asim M.Pd Kata Kunci Keterampilan Berpikir Kritis Hasil Belajar Model Pembelajaran Problem Solving Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas VIII SMP Swasta A. Yani Bangil Pasuruan diperoleh pembelajaran yang monoton yaitu metode guru sebagai sumber belajar sehingga proses pembelajaran fisika hanya berjalan satu arah hal ini menyebabkan kemampuan berpikir siswa tidak berkembang dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Hasil belajar yang rendah ini diindikasikan oleh nilai mata pelajaran fisika 51 72% siswa di bawah SKM (Standar Ketuntasan Minimal) dan hanya 48 28% siswa mendapat nilai di atas SKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan keterampilan berpikitr kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta A. Yani Bangil Pasuruan.Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah tahap eksplorasi tahap indentifikasi masalah tahap pengajuan hipotesis tahap memverifikasikan hipotesis dan tahap aplikasi. Model inidapat meningkatkan kualitas pertanyaan guru dan siswa karena dapat merangsang semangat siswa untuk mempertanyakan dan menemukan konsep pada setiap tahapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali dengan disertai perbaikan setiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Swasta A. Yani Bangil Pasuruan dengan jumlah 29 siswa yang terdiri dari 17 orang putri dan 12 orang putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Tekanan Tekanan Hidrostatis dan Hukum Archimedes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman observasi pedoman penilaiankemampuan berpikir kritis siswa soal-soal dan catatan lapangan. Instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi skenario pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Padasiklus I keterampilan berpikir kritis dengan persentase sebesar 60 62% pada siklus II keterampilan berpikir kritis dengan persentase sebesar 69 41%. Dari siklus I dan II tersebut persentase keterampilan berpikir kritis mengalami kenaikan sebesar 8 79%.Untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan.Pada siklus I sebesar 65 52% siswa di atas SKM dan pada siklus II sebesar 89 65% siswa di atas SKM. Dari siklus I dan II tersebutSKM secara klasikal mengalami peningkatan persentase sebesar 24 14%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20766

Actions (login required)

View Item View Item