Rancang bangun sistem komunikasi dalam air berbasis Visible Light Communication (VLC) / Dwi Hardianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem komunikasi dalam air berbasis Visible Light Communication (VLC) / Dwi Hardianto

Hardianto, Dwi (2016) Rancang bangun sistem komunikasi dalam air berbasis Visible Light Communication (VLC) / Dwi Hardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardianto Dwi. 2015. Karakterisasi Visible Light Communication (Vlc) melalui Medium Air dengan Mode FSK. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Samsul Hidayat S.Si. M.T. (II) Nugroho Adi P. S.Si. M.Sc Kata Kunci VLC FSK transmitter receiver pengaruh keadaan fisis air Sistem telekomunikasi pada masa kini menjadi kebutuhan prioritas hidup. Kebutuhan yang sangat mendesak suatu komunikasi sangat dibutuhkan karena kecepatanya dan keakuratannya dalam membawa berita/data. Sistem komunikasi terus berkembang dengan pesat. Selama ini sangat banyak penggunaan jaringan komunikasi khususnya komunikasi nirkabel. Namun masih belum menjangkau untuk digunakan ke dalam air tertentu. Jaringan yang dikenal sebagai Wi-Fi hanya mampu digunakan sebagai alat komunikasi di darat. Untuk itu perlu diciptakan alat komunikasi yang berguna di dalam air. Alat komunikasi ini dinamakan Visible light communication menggunakan mode Frekuensi Shift Keying (FSK) yang terdiri dari transmitter dan receiver. Sistem modulasi yang terjadi pada FSK menyatakan signal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi 1200 Hz sementara signal digital 0 dinyatakan sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi 2200 Hz. Sistem penyampaian data melalui cahaya sangat memungkinkan untuk digunakan di dalam air. Untuk itu perlu dirancang dan dibangun suatu alat komunikasi dalam air berbasis visible light communication (VLC). Alat ini dirancang menggunakan IC XR2206 sebagi transmitter dan IC XR2211 sebagai receiver. Keistimewaan alat ini terletak pada penyampain data dari transmitter yang dikeluarkan oleh LED dan diterima oleh Fotodioda yang disetting sedemikian rupa pada receiver. Medium yang digunakan pada penelitian ini adalah air dengan salinitas dan tingkat kekeruhan yang berbeda sehingga dapat diketahui pengaruh keadaan fisis medium air tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian pada Karakterisasi Visible Light Communication (VLC) melalui Medium Air dengan Mode FSK ini telah berhasil dibuat sesuai dengan spesifikasi alat yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20764

Actions (login required)

View Item View Item