Rancang bangun sistem akuisisi data suhu dan kelembaban berbasis mikrokontreoler atmega8 / Sirajuddin Abbas - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem akuisisi data suhu dan kelembaban berbasis mikrokontreoler atmega8 / Sirajuddin Abbas

Abbas, Sirajuddin (2016) Rancang bangun sistem akuisisi data suhu dan kelembaban berbasis mikrokontreoler atmega8 / Sirajuddin Abbas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abbas Sirajuddin. 2015. Rancang Bangun Sistem Akuisisi Data Suhu dan Kelembaban Berbasis Mikrokontroler ATmega8. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Samsul Hidayat S.Si. M.T. (II) Nugroho Adi P. S.Si. M.Sc. Kata Kunci Atmega8 DHT11 LCD suhu kelembaban akuisisi assembly. Kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja manusia di berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang meteorologi informasi tentang parameter cuaca seperti suhu dan kelembaban relatif pada daerah tertentu perlu diketahui secara cepat dan tepat. Misalnya pencatatan suhu dan kelembaban dari sebuah kota gunung atau pada daerah-daerah bencana pasti akan lebih mudah jika dapat dicatat secara otomatis dan terus menerus dalam waktu tertentu. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang dapat mengetahui parameter cuaca seperti suhu dan kelembaban relatif secara terus menerus dan otomatis. Dalam hal ini dapat menggunakan sistem akuisisi data dan data logger atau perekam data. Alat data logger ini dirancang menggunakan sensor DHT11 yang diolah mengunakan mikrokontroler ATmega8. Alat ini dirancang agar dapat digunakan untuk memantau perkembangan perubahan suhu cuaca. Alat ini menggunakan display LCD karakter 16x2 untuk menampilkan suhu dan kelembaban udara secara langsung. Pengujian pada Rancang Bangun Sistem Akuisisi data suhu dan kelembaban berbasis mikrokontroler ATmega8 ini telah berhasil dibuat sesuai dengan spesifikasi produk yang diharapkan. Rentang suhu yang dapat diukur mulai 0oC hingga 50oC dengan ketelitian 1oC. Sedangkan kelembaban udara relatif yang dapat diukur mulai 20% RH hingga 90% RH. Alat ini dapat menampilkan nilai suhu dan kelembaban pada display LCD karakter 16x2 secara terus menerus setiap 3 detik sekali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20760

Actions (login required)

View Item View Item