Muyassaroh, Indana Zulfa (2015) Pengaruh level of inquiry-interactive demonstration terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X SMA / Indana Zulfa Muyassaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muyassaroh Indana Zulfa. 2015. Pengaruh Level of Inquiry-Interactive Demonstration terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci levels of inquiry level of inquiry-interactive demonstration kemampuan pemecahan masalah Pembelajaran kurikulum 2013 ditujukan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat memecahkan suatu permasalahan. Level of inquiry-interactive demonstration dirancang dengan tujuan untuk membantu peserta didik menjelaskan membuat prediksi dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan efektivitas level of inquiry-interactive demonstration dibandingkan dengan level of inquiry-discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X SMAN 2 Malang tahun ajaran 2014-2015. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIA SMAN 2 Malang tahun ajaran 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh satu kelas yang belajar dengan menggunakan level of inquiry-interactive demonstration dan satu kelas yang belajar dengan menggunakan level of inquiry-discovery learning. Instrumen penelitian terdiri atas RPP level of inquiry-interactive demonstration dan Level of inquiry-discovery learning materi suhu dan kalor rubrik observasi keterlaksanaan pembelajaran dan butir soal kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri atas 5 soal uraian. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dan dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika antara kelas yang diterapkan level of inquiry-interactive demonstration dan level of inquiry-discovery learning ditunjukkan oleh hasil uji thitung sebesar 2 029 2 000 (ttabel .05). Kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X SMAN 2 Malang yang belajar dengan level of inquiry-interactive demonstration lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan level of inquiry-discovery learning ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 4 12 3 99 (Ftabel .05). Kelebihan level of inquiry-interactive demonstration tercermin pada langkah-langkah pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik menjelaskan dan membuat prediksi yang memungkinkan guru mengidentifikasi dan menyelesaikan konsepsi awal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20747 |
Actions (login required)
View Item |