Putri, Sheila Sandiya (2015) Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E (siklus belajar 5E) untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas X MIA SMAN 6 Malang / Sheila Sandiya Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Sheila Sandiya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cylce 5E (Siklus Belajar 5e) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 6 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.S. (2) Drs. Dwi Haryoto M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Fisika Learning Cycle 5E Pemahaman Konsep Pembelajaranfisikamemberikankesempatankepadasiswauntuk mengembangkankemampuanpendidikansecarasistematis memahamikonsepdanhubunganantarkonsepberdasarkanfaktadalamkehidupansehari-hari sertamampumengkomunikasikansecarailmiahdalampenyajianhasilpembelajarannya.Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaranyang berlandaskan pada teori konstruktivisme. Tahapan-tahapan yang terdapat pada LearningCycle 5Eterdiri dari engagement exploration explaination elaboration dan evaluation. Tahapan-tahapan tersebut dapat membuat siswa meningkatkan pemahaman konsep fisika mereka.Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5Edi kelas X MIA 4 SMAN 6 Malang (2)Mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenispenelitian yang dilaksanakanadalahpenelitiantindakankelas (PTK).PTK merupakansuatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMAN 6 Malang yang berjumlah 31 siswa. Pemahaman Konsep diukur dengan menggunakan tes objektif. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas. Hasil penelitian adalah 1)Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terlaksana sesuai dengan tahapan-tahapan pembelajaran pada RPP. Keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E oleh guru masuk dalam klasifikasi sangat baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran 89 25% pada siklus I dan 92 32% pada siklus II 2) Pemahaman konsep siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata nilai tes pemahaman konsep siswa yaitu 74 71 dengan persentase ketuntasan 51 61% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 80 06 dengan persentase ketuntasan 87 10%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20739 |
Actions (login required)
View Item |