Pengaruh penambahan nanosilika terhadap komposisi penyusun, porositas dan kuat tekan beton / Dian Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan nanosilika terhadap komposisi penyusun, porositas dan kuat tekan beton / Dian Novita Sari

Sari, Dian Novita (2015) Pengaruh penambahan nanosilika terhadap komposisi penyusun, porositas dan kuat tekan beton / Dian Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novita Dian Sari. 2015. PengaruhPenambahanNanosilikaterhadapKomposisiPenyusun PorositasdanKuatTekanBeton.Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs.AbdullohFuad M.Si. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata Kunci beton nanosilika piropilit kuattekan porositas portlandite. Betonmerupakan material vital dalamduniakonstruksi.Betonbanyakdigunakandikarenakanbeberapakelebihan yang dimilikisepertiharganya yang murahkarenabahandasarnyatersediamelimpah di alam tahanterhadappembusukandanperkaratan memilikikekuatantekan yang tinggisehinggadapatmenahantumpuanbeban yang tinggi.Padakenyataannya beton yang dihasilkanselalumemilikikekuatantekan yang lebihkecildaripadakuattekanperencanaanbeton yang dihitung.Dalamrangkaperbaikansifatbeton makaditambahkanbahantambahansepertinanosilika.Nanosilikadalambetonsebagaifillerpadaporibeton yang berfungsiuntukmeningkatkankepadatan memperkecilporositas danmeningkatkankuattekanbeton. Penelitian ini menggunakan batu piropilitsebagai sumber silika. Ekstraksinanosilikadilakukandenganmenggunakanmetodekopresipitasi.Pencapaiankemurniannanosilikalebihdari 95%.Nanosilikakemudiandicampurkanpadaadukanbeton yang persentasenyadiambildariberat semen.Perbandingansemen pasir kerikil yang didapatdariperencanaanbahanmenggunakanmetode DOE adalah 1 1 89 2 61 denganfaktor air-semen 0 6. Cetakan yang digunakanberupasilinderdengan diameter 57 mm dantinggi 120 mm. Beton yang digunakandalampenelitianiniberumur 28 hari.Karakterisasisifatbetonmenggunakan UTM untukujikuattekan pengujianpersentaseporositasmenggunakanmetodepada ASTM C 642-90 uji XRF dan XRD untukmengetahuikomposisipenyusunbeton. Pengujian kuattekanbetonmenunjukkanbahwadenganpenambahannanosilikasebesar10% dariberat semen memberikannilaikuattekan optimum 15 23 MPadankuattekanturunpadapersentase 2% dan 15% menjadi 12 43 MPadan 9 64 MPadaripersentase 0% (15 23 MPa). Hasilpengujianpersentaseporositasbeton 0% memberikannilai 0 1% kemudianmencapaiporositasterkecilpadabeton 10% sebesar 0 02% danmeningkatpadabeton 2% dan 15% sebesar 0 15% dan 0 21%. Penurunankuattekandanpeningkatanpersentaseporositaskarenaterjadinyaaglomerasi.Hasil XRF menunjukkansemakintinggipersentasepenambahannanosilika semakintinggipersentaseunsur Al Fe Si seiringdenganpersentaseCa yang semakinmenurun.Hasil data XRD menunjukkanbahwasemakintinggipersentasenanosilika makasemakinmenurunintensitasdanfraksi volume dariportlandite(Ca(OH)2 )denganukuranbutir yang semakinbesar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20718

Actions (login required)

View Item View Item