Pengaruh model 5E learning cycle disertai resitasi open ended question terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 1 Malang pada materi suhu dan kalor / Yunida Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model 5E learning cycle disertai resitasi open ended question terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 1 Malang pada materi suhu dan kalor / Yunida Ekawati

Ekawati, Yunida (2015) Pengaruh model 5E learning cycle disertai resitasi open ended question terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 1 Malang pada materi suhu dan kalor / Yunida Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ekawati Yunida. 2015. Pengaruh Model 5E Learning Cycle disertai Resitasi Open Ended Question terhadap Penguasaaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Malang pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sutarman M. Pd (II) Lia Yuliati Dr. M.Pd. Kata Kunci Model 5E Learning Cycle Resitasi Open Ended Question Penguasaan Konsep Fisika Siswa Keberhasilan pembelajaran fisika dapat dilihat dari penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep adalah model 5E Learning Cycle disertai resitasi open ended question. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model 5E Learning Cycle disertai resitasi open ended question terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian semu dengan pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMAN 1 Malang tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 4 yang menerapkan model 5E Learning Cycle disertai resitasi open ended question dan kelas X MIA 6 yang menerapkan model 5E learning cycle tanpa resitasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari RPP LKS lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran tugas open ended question dan soal penguasaan konsep fisika materi suhu dan kalor. Hipotesis penelitian diuji menggunakan independent sample t-test. Hasil uji post-test diperoleh ada perbedaan signifikan penguasaan konsep fisika siswa antara kelas yang yang menerapkan model 5E Learning Cycle disertai resitasi open ended question dan kelas yang menerapkan model 5E Learning Cycle tanpa resitasi. Berdasarkan hasil nilai rata rata tes penguasaan konsep fisika pada materi suhu dan kalor penguasaan konsep fisika siswa di kelas yang menerapkan model 5E Learning Cycle disertai resitasi open ended question lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menerapkan model 5E Learning Cycle tanpa resitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20716

Actions (login required)

View Item View Item