Eksplorasi dan analisis kondisi perkerasan jalan pada jembatan rangka baja Soekarno-Hatta Malang pada bulan Maret 2015 menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) / Rabbiatul Adawiyah

Adawiyah, Rabbiatul (2015) Eksplorasi dan analisis kondisi perkerasan jalan pada jembatan rangka baja Soekarno-Hatta Malang pada bulan Maret 2015 menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) / Rabbiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adawiyah, Rabbiatul. 2015. EksplorasidanAnalisisKondisiPerkerasanJalanpadaJembatanRangka Baja Soekarno-HattaMalang padaBulanMaret 2015 MenggunakanMetodeGround Penetrating Radar (GPR). Skripsi, JurusanFisika, Fakultas MIPA, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) DaengAchmadSuaidi, S.Si.,M.Kom, (II) Dr. Markus Diantoro, M.Si. Kata Kunci: perkerasanjalan, jembatanrangka, metodeGround Penetrating Radar (GPR) Perkerasanjalanmerupakanbagianutamadaristrukturatasjembatan yangterdiridaribeberapalapisan material yang dipadatkandiatastanahdasaratautumpuandenganmaksud agar lalulintasdapatberjalandenganlancartanpaterhambat.Perkerasanjalanpadajembatanterdiridari lapis permukaanaspaldan lapis perkerasanbetonsebagailantaijembatan.Perkerasanjalan yang baikmempunyaibeberapakriteria yang harusdicapaisesuaidenganstandarfungsinya, sepertikedapterhadap air, permukaantidaklicin, tidakbergelombang, tidakterdapatbagian yang mengalamicacatpermukaan, defomasidanretak. PenelitianinibertujuanuntukmengeksplorasidanmenganalisisstrukturlapisanperkerasanjalanpadajembatanrangkabajaSoekarno-HattadenganmetodeGPR.Metodeinidigunakanuntukmendeteksikeadaanbawahpermukaandenganmengirimkanpulsagelombangelektromagnetikmelalui antenna pemancar yang memilikifrekuensikhusus.Penelitianinijugadigunakanuntukmengetahuijenis-jenis material berdasarkankonstantadielektrik yang dimilikisetiap material,danmelihatadanyadefomasi, retak, cacatpermukaan, sertarembesan air. Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkuantitaif.Data penelitianmerupakanpaparan visual berupainterpretasidalambentukgambar yang diproseskedalamangka.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanteknikobservasilapangandanpengambilan data sampelpada 101 titiklintasan.Kegiatananalisis data dimulaidaritahappengolahanmenggunakanMs.Excel, notepad, paint, software GeoScan32, software Surfer 9.0, tahapidentifikasidanklasifikasi, tahapinterpretasi data, dantahapevaluasi data.Berdasarkanhasileksplorasidananalisiskondisiperkerasanjalan, diperolehsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Strukturperkerasanjalanterdiridariperkerasanlenturaspaldanperkerasankakubetondeganjenismaterial yang teridentifikasiadalahaspalkering, aspalbasah, betonkering, betonbasah, danudaradipemukaan. Deformasiterjadipadasemualintasanperkerasanjalandanterdapatbeberapatitiksampellintasanyang mengalamiretakdancacatpermukaanberupapelepasanstrukturyang teridentifikasidarihasilscanning radargramGPR.Hasilpenelitianjugamenunjukanadanyapenerobosan air dari lapis permukaan (aspal) bagianbawahhinggadasarlapisanbeton.Titiktertinggitersebarpadalintasanke 34-67 denganposisibentang33-66 meter.Hasilanalisisretak, pelepasanstruktur, danrembesan air sesuaidenganhasilkajiankondisikesehatanelemen material penyusunjembatanolehTeknikSipil UB, bahwapadabentangke 40 terjadiperlemahandanpenurunankualitasbetondanaspal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20712

Actions (login required)

View Item View Item