Eksplorasi dan analisis kondisi perkerasan jalan pada jembatan rangka baja Soekarno-Hatta Malang pada bulan Maret 2015 menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) / Rabbiatul Adawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi dan analisis kondisi perkerasan jalan pada jembatan rangka baja Soekarno-Hatta Malang pada bulan Maret 2015 menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) / Rabbiatul Adawiyah

Adawiyah, Rabbiatul (2015) Eksplorasi dan analisis kondisi perkerasan jalan pada jembatan rangka baja Soekarno-Hatta Malang pada bulan Maret 2015 menggunakan metode Ground Penetrating Radar (GPR) / Rabbiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adawiyah Rabbiatul. 2015. EksplorasidanAnalisisKondisiPerkerasanJalanpadaJembatanRangka Baja Soekarno-HattaMalang padaBulanMaret 2015 MenggunakanMetodeGround Penetrating Radar (GPR). Skripsi JurusanFisika Fakultas MIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) DaengAchmadSuaidi S.Si. M.Kom (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata Kunci perkerasanjalan jembatanrangka metodeGround Penetrating Radar (GPR) Perkerasanjalanmerupakanbagianutamadaristrukturatasjembatan yangterdiridaribeberapalapisan material yang dipadatkandiatastanahdasaratautumpuandenganmaksud agar lalulintasdapatberjalandenganlancartanpaterhambat.Perkerasanjalanpadajembatanterdiridari lapis permukaanaspaldan lapis perkerasanbetonsebagailantaijembatan.Perkerasanjalan yang baikmempunyaibeberapakriteria yang harusdicapaisesuaidenganstandarfungsinya sepertikedapterhadap air permukaantidaklicin tidakbergelombang tidakterdapatbagian yang mengalamicacatpermukaan defomasidanretak. PenelitianinibertujuanuntukmengeksplorasidanmenganalisisstrukturlapisanperkerasanjalanpadajembatanrangkabajaSoekarno-HattadenganmetodeGPR.Metodeinidigunakanuntukmendeteksikeadaanbawahpermukaandenganmengirimkanpulsagelombangelektromagnetikmelalui antenna pemancar yang memilikifrekuensikhusus.Penelitianinijugadigunakanuntukmengetahuijenis-jenis material berdasarkankonstantadielektrik yang dimilikisetiap material danmelihatadanyadefomasi retak cacatpermukaan sertarembesan air. Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkuantitaif.Data penelitianmerupakanpaparan visual berupainterpretasidalambentukgambar yang diproseskedalamangka.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanteknikobservasilapangandanpengambilan data sampelpada 101 titiklintasan.Kegiatananalisis data dimulaidaritahappengolahanmenggunakanMs.Excel notepad paint software GeoScan32 software Surfer 9.0 tahapidentifikasidanklasifikasi tahapinterpretasi data dantahapevaluasi data.Berdasarkanhasileksplorasidananalisiskondisiperkerasanjalan diperolehsimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Strukturperkerasanjalanterdiridariperkerasanlenturaspaldanperkerasankakubetondeganjenismaterial yang teridentifikasiadalahaspalkering aspalbasah betonkering betonbasah danudaradipemukaan. Deformasiterjadipadasemualintasanperkerasanjalandanterdapatbeberapatitiksampellintasanyang mengalamiretakdancacatpermukaanberupapelepasanstrukturyang teridentifikasidarihasilscanning radargramGPR.Hasilpenelitianjugamenunjukanadanyapenerobosan air dari lapis permukaan (aspal) bagianbawahhinggadasarlapisanbeton.Titiktertinggitersebarpadalintasanke 34-67 denganposisibentang33-66 meter.Hasilanalisisretak pelepasanstruktur danrembesan air sesuaidenganhasilkajiankondisikesehatanelemen material penyusunjembatanolehTeknikSipil UB bahwapadabentangke 40 terjadiperlemahandanpenurunankualitasbetondanaspal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20712

Actions (login required)

View Item View Item