Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X / Debby Kusuma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X / Debby Kusuma Wardhani

Wardhani, Debby Kusuma (2015) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X / Debby Kusuma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Wardhani Debby. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Swishmax 4 dengan Pendekatan Saintifik Materi Kalor SMA Kelas X. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Winarto M.Pd (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci multimedia pendekatan saintifik kalor media pembelajaran fisika Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang aktif dapat dicapai apabila proses belajar menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia membuat pembelajaran menjadi menyenangkan karena multimedia dilengkapi dengan unsur gambar teks animasi dan suara. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis multimedia Swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada kelas x SMA serta mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran fisika berbasis multimedia Swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada kelas x SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dari Sukmadinata. Peneliti mengadopsi tiga tahap pengembangan yaitu (1) Studi Pendahuluan (2) Pengembangan Produk dan (3) Pengujian Produk. Instrumen pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket pertanyaan tertutup untuk validasi ahli dan pertanyaan terbuka untuk uji coba terbatas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik persentase untuk menghitung data hasil validasi ahli dan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman untuk data dari pertanyaan terbuka serta kritik dan saran. Uji coba produk yang dilakukan dua tahap. Uji coba ahli yang terdiri dari dosen fisika Universitas Negeri Malang dan guru SMAN 6 Malang sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada siswa SMAN 6 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis multimedia Swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada materi kalor layak digunakan untuk siswa SMA kelas X. Media pembelajaran ini layak dengan nilai rata-rata kelayakan media sebesar 86 31% dan rata-rata kelayakan materi sebesar 82 71%. Kelebihan dari media pembelajaran ini adalah 1) media pembelajaran ini adalah media pembelajaran yang menyenangkan karena disusun dengan menggunakan pendekatan saintifik sehingga membuat siswa aktif dalam pembelajaran 2) animasi yang ditampilkan adalah animasi yang membahas proses terjadinya suatu peristiwa dan animasi yang menjelaskan langkah-langkah dalam percobaan sehingga siswa mampu mengkonstruk pemahamannya 3) Animasi gambar dan video yang digunakan adalah peristiwa yang erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga materi lebih mudah dipahami. Selain kelebihan media pembelajaran ini memiliki kekurangan antara lain 1) media pembelajaran ini difokuskan untuk satu materi pokok bahasan yaitu kalor 2) hanya terbatas pada model pembelajaran tertentu dan 3) penggunaan media pembelajaran ini masih membutuhkan praktikum yang dilakukan secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item