Putri, Endyana Gandari (2015) Pengaruh model pembelajaran the 5E learning cycle disertai teknik pick up cards game terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas X NIA SMAN 2 Jombang / Endyana Gandari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri Endyana Gandari. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran The 5E Learning Cycle Disertai Teknik Pick Up Cards Game Terhadap Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 2 Jombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarjono M.Pd. (2) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci The 5E Learning Cycle teknik Pick Up Cards Game prestasi belajar Kurikulum 2013 menuntut peserta didik mampu mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri dan guru hanya sebagai fasilitator. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa proses pembelajaran di sekolah hanya berlangsung satu arah. Tahapan dalam model pembelajaran The 5E Learning Cycle disertai teknik Pick Up Cards Game menunjukkan keterlibatan peserta didik dalam memperoleh konsep materi pelajaran secara langsung. Kegiatan pembelajaran peserta didik yang bervariasi dan bersifat student centered membuat prestasi belajar peserta didik menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran The 5E Learning Cycle disertai teknik Pick Up Cards Game lebih tinggi dari kelompok peserta didik yang dibelajarkan secara konvensional. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan pretest-posttest control group design. Model pembelajaran The 5E Learning Cycle disertai teknik Pick Up Cards Game sebagai variabel bebas dan prestasi belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA N 2 Jombang. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 7 sebagai kelas kontrol. Prestasi belajar fisika diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda lima pilihan. Instrumen pengukuran terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya pembeda. Sebagai uji prasyarat dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 1%. Hasil penelitian adalah prestasi belajar fisika kelompok peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran The 5E Learning Cycle disertai teknik Pick Up Cards Game lebih tinggi dari pada kelompok peserta didik yang dibelajarkan secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20703 |
Actions (login required)
View Item |