Penerapan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Malang / Nargis Syahrbanu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Malang / Nargis Syahrbanu

Syahrbanu, Nargis (2015) Penerapan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Malang / Nargis Syahrbanu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahrbanu Nargis. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci Konstruktivisme Tipe Novick Penguasaan Konsep fisika Berdasarkan kegiatan observasi awal sebelum dilakukannya tindakan diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa masih menganggap bahwa pembelajaran fisika hanya belajar tentang rumus-rumus angka-angka dan menghafalnya dengan mentah tanpa mengetahui konsep yang mendasari munculnya rumusan tersebut sehingga ketika siswa sudah lupa rumus maka siswa sudah tidak dapat lagi mengerjakan soal-soal fisika. Selain itu diperoleh juga informasi bahwa hanya terdapat 28% siswa yang mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal. Nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan di sini adalah 2 67 dengan skala nilai maksimal 4. Masih terdapat 72% siswa yang masih belum bisa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal. Hal tersebut membuktikan bahwa penguasaan konsep fisika siswa masih kurang sehingga hanya sedikit siswa yang dapat mencapai nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran fisika model konstruktivisme tipe Novick. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick ini terdiri dari tiga fase yaitu fase exposing alternative framework creating cognitive conflict dan encouraging cognitive accomodation dan dilengkapi dengan evaluation. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa nilai penguasaan konsep fisika siswa. Penguasaan konsep fisika siswa diukur berdasarkan nilai tes dan ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Pada siklus I rata-rata nilai penguasaan konsep siswa adalah 2 85 dengan persentase siswa yang mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimal sebesar 56%. Pada siklus II rata-rata nilai penguasaan konsep siswa adalah 3 22 dengan persentase siswa yang mendapat nilai diatas kriteria ketuntasan minimal sebesar 78%. Penerapan pembelajaran fisika dengan menggunakan model konstruktivisme tipe Novick ini terlaksana dengan baik dengan persentase keterlaksanaan yang semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20702

Actions (login required)

View Item View Item