Simulasi persamaan gerak pada sistem suspensi dengan koefisien redam getar berupa fungsi kecepatan dan perubahan massa beban / I Gde Kadek Rizal Agus Setiadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi persamaan gerak pada sistem suspensi dengan koefisien redam getar berupa fungsi kecepatan dan perubahan massa beban / I Gde Kadek Rizal Agus Setiadi

Setiadi, I Gde Kadek Rizal Agus (2014) Simulasi persamaan gerak pada sistem suspensi dengan koefisien redam getar berupa fungsi kecepatan dan perubahan massa beban / I Gde Kadek Rizal Agus Setiadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizal I GdeKadek.2014.Simulasi Persamaan Gerak pada Sistem Suspensi dengan Koefisien Redam Getar berupa Fungsi Kecepatan dan Perubahan Massa Beban.Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs.Widjianto M.Kom (II) Hari Wisodo S.Pd M.Si Kata Kunci Sistem Suspensi Koefisien Redaman Massa Muatan Tetapan k/m. Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan.Untuk mendapatkan redaman yang sesuai diperlukan pengembangan desain suspensi pada kendaraan.Komponen utama yang didesain untuk meredam hentakan tersebut ialah Shock Absorber.Shock Absorber kendaraan bermotor dirancang agar mampu menghadapi kondisi perubahan jalan kecepatan dan massa muatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan koefisien redaman yang sesuai dengan menggunakan beberapa model koefisien redaman sebagai fungsi kecepatan yaitu c(v) vn c(v) 1 exp ( 10vn) dan c(v) arctan (v). Pada penelitian ini juga meninjau perubahan massa beban serta menggunakan beberapa tetapan k/m. Hasil dari visualisasi gerak osilasi teredam pada sistem suspensi didapatkan model koefisien redaman yang paling sesuai adalah model c(v) vn. Pada hasil visualisasinya dengan nilai n 8 terlihat bahwa kecepatan dan amplitudo osilasi berkurang secara cepat dan pada kondisi osilasi yang stabil diagram fasenya berbentuk elips dengan amplitudo yang paling kecil. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut misal meninjau temperatur oli dari shock absorber.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item View Item