Handayani, Anita Puspita (2014) Pengembangan instrumen tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi karakteristik konsepsi fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Anita Puspita Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handayani Anita Puspita. 2014. Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Distraktor Bermakna untuk Mengidentifikasi Karakteristik Konsepsi Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Drs. Sumarjono M.Pd Kata Kunci Instrumen tes pilihan ganda distraktor bermakna konsepsi getaran 12288 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran fisika seringkali terjadi kesalahan dalam memahami konsep yang biasanya disebut miskonsepsi. Berdasarkan hasil wawancara siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang diketahui bahwa 66 67% siswa mengutarakan materi getaran dalam fisika sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan produk instrumen tes pilihan ganda distraktor bermakna untuk mengidentifikasi karakteristik konsepsi fisika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang pada materi getaran serta (2) mendeskripsikan kelayakan instrumen tersebut. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengadaptasi model Research and Development (R D) dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata. Namun dalam penelitian ini hanya dilakukan hingga uji coba lapangan awal. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan (2) perencanaan draf instrumen (3) pengembangan draf instrumen (4) uji coba terbatas dan (5) revisi produk hasil pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket instrumen wawancara tes uraian serta tes pilihan ganda distraktor bermakna. Subjek uji coba merupakan siswa kelas XI-A2 dan kelas XI-B2 SMA Negeri 2 Malang. Analisis data meliputi analisis perhitungan rata-rata untuk data hasil penilaian angket validasi oleh tim ahli analisis butir soal dan identifikasi karakteristik konsepsi siswa untuk data hasil uji coba terbatas. 12288 12288 12288 12288 Produk yang dihasilkan berupa instrumen tes pilihan ganda distraktor bermakna. Distraktor dikatakan bermakna karena disusun berdasarkan deskripsi level-level yang berasal dari jawaban siswa tes uraian. Setiap indikator dikembangkan menjadi tiga butir soal yang setara. Berdasarkan penilaian dari tim ahli diketahui bahwa instrumen yang dikembangkan telah layak meliputi ranah materi konstruksi dan bahasa. Setelah produk diujicobakan dilakukan analisis butir soal dan analisis karakteristik konsepsi siswa. Analisis butir soal meliputi validitas butir soal reliabilitas tingkat kesukaran daya pembeda dan kualitas pengecoh. Berdasarkan analisis karakteristik konsepsi produk yang dihasilkan telah dapat membedakan siswa yang memahami konsep mengalami miskonsepsi dan tidak memahami konsep. Selain itu produk mampu mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa sehingga dapat memberikan umpan balik pada siswa untuk memperbaiki cara belajar. Manfaat selanjutnya adalah memudahkan guru memilih indikator-indikator yang perlu ditekankan dalam memberi pembelajaran remidiasi. Saran dalam penelitian ini adalah subyek uji coba terbatas tes pilihan ganda distraktor bermakna dilakukan pada banyak responden.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20679 |
Actions (login required)
View Item |