Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis masalah menggunakan swishmax 4 pada pokok bahasan elastisitas untuk siswa SMA / Christina Natalia Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis masalah menggunakan swishmax 4 pada pokok bahasan elastisitas untuk siswa SMA / Christina Natalia Puspita

Puspita, Christina Natalia (2014) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer berbasis masalah menggunakan swishmax 4 pada pokok bahasan elastisitas untuk siswa SMA / Christina Natalia Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Chritina Natalia. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Berbasis Masalah Menggunakan Swishmax 4 pada Pokok Bahasan Elastisitas untuk Siswa SMA. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Widjianto Drs. M.Kom (II) Dwi Haryoto Drs. M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Berbasis Masalah Elastisitas Media pembelajaran yang menarik dapat memotivasi siswa dalam belajar. Buku teks dirasa kurang leluasa untuk menjelaskan bentuk dan pergerakan fenomena fisika terdapat gambar hitam putih pada buku teks. Pembelajaran yang menyangkutkan hal-hal di sekitarnya atau permasalahan yang ada di kehidupkan sehari-hari dapat membuat materi lebih mudah dimengerti dan lebih menyenangkan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode Research and Development (R D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Dalam melaksana-kan pengembangan hanya melakukan 5 langkah awal. Produk pengembangan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran berbantuan komputer yang isinya disesuaikan dengan karakterisitik berbasis masalah pada pokok bahasan elastisitas untuk siswa SMA yang dikemas dalam compact disk. Produk ini dapat digunakan untuk belajar mandiri siswa ataupun digunakan untuk pembelajaran di dalam ke-las. Hasil penilaian angket validasi dari aspek materi kemudian aspek media oleh dosen dan guru berturut-turut memperoleh persentase skor sebesar 85 7% 86 4% dan responden uji coba mendapatkan persentase skor sebesar 88%. Sehingga produk dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20670

Actions (login required)

View Item View Item